Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Tertawa

Serba-Serbi Sehat / 9 March 2014

Kalangan Sendiri

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Tertawa

Yenny Kartika Official Writer
5722

Mengapa kita jarang terserang penyakit saat sedang bahagia? Itu karena tubuh memiliki kadar imunitas lebih tinggi saat pikiran dipenuhi hal positif. Pikiran yang bahagia mampu memulihkan dan menjaga tubuh tetap awet muda (jika tanpa tekanan).

“Saya yakin jika orang-orang mampu lebih banyak tertawa dalam hidup, mereka akan jauh lebih baik,” kata Steve Wilson, MA, CSP, seorang psikolog dan terapi tertawa. “Mereka juga lebih sehat.”

 

Apa yang terjadi pada tubuh saat kita tertawa?

Dalam beberapa dekade terakhir, para ilmuwan telah mempelajari manfaat tertawa bagi tubuh:

-alirah darah

Ilmuwan di University of Maryland meminta sejumlah orang menonton tayangan drama dan komedi. Setelah menonton, ditemukan bahwa pembuluh darah orang yang menonton komedi bekerja dengan normal—mengembang dan menyusut dengan mudah. Namun pembuluh darah mereka yang menonton drama cenderung tegang sehingga membuat aliran darah terbatas.

 

-respon imun

Meningkatnya stress atau tekanan membuat penurunan respon sistem imun. Beberapa studi menunjukkan, lelucon dapat meningkatkan kadar antibodi untuk melawan infeksi di dalam tubuh dan juga meningkatkan jumlah sel-sel imun.

 

-kadar gula darah

Studi terhadap 19 orang yang mengidap diabetes menunjukkan perubahan kadar gula darah saat mereka tertawa. Setelah selesai makan, sekelompok orang diminta mendengarkan ceramah yang membosankan. Hari berikutnya, kelompok kedua mengonsumsi makanan yang sama dan kemudian diminta menonton acara lawak. Setelah lawak usai, mereka memiliki kadar gula darah lebih rendah daripada kelompok yang mendengarkan ceramah.

 

-relaksasi dan tidur

Peneliti mulai fokus menyelidiki manfaat tawa setelah Norman Cousins menulis laporan ilmiah bertajuk Anatomy of an Illness. Menurut Cousin yang menderita ankylosing spondylitis yaitu nyeri di tulang punggung, sejumlah tayangan lucu seperti Candid Camera dan film Marx Brothers membantunya merasa lebih baik. Sepuluh menit tertawa, menurut Cousin, telah membuat dia mampu tidur 2 jam tanpa rasa sakit di punggungnya.

 

Tertawalah setiap hari, untuk alasan-alasan yang pantas tentunya. Jangan sampai kita menertawakan kelemahan atau kemalangan yang dialami orang lain. Namun tertawalah atas kesalahan diri kita sendiri, pengalaman konyol kita, atau lelucon yang dilontarkan sesama. Tertawa adalah salah satu cara untuk sehat dengan tanpa mengeluarkan biaya.

 

BACA JUGA:

Keliru, Kalau Orang Kristen Pikir Tuhan Hanya Milik Mereka

Berita Foto: Seminar dan Bedah Buku "Mengapa Kristen Ditolak?"

Nus Reimas: Islam dan Kristen Bagaikan Kompetisi Sepakbola

Yerry Pattinasarani's Life Was Ruined Due To Drugs

Superbook Hadir di RCTI Mulai 5 April 2014

Sumber : WebMD/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami