5 Mitos  Tentang Jerawat Yang Berbahaya
Sumber: Google

Serba-Serbi Sehat / 11 June 2013

Kalangan Sendiri

5 Mitos Tentang Jerawat Yang Berbahaya

Puji Astuti Official Writer
9426

Hampir semua remaja pernah mengalami masalah dengan jerawat, namun ternyata tidak berhenti sampai disana, menurut penelitian sekiat 40 persen orang dewasa juga berjuang membersihkan wajah mereka dari jerawat. Banyak mitos yang berkembang tentang jerawat, namun jika tak berhati-hati dan percaya kepada mitos tersebut, akibatnya fatal loh. Berikut adalah 5 mitos tentang jerawat yang harus Anda tahu:

1. Memencet jerawat dapat mempercepat kesembuhan

Walau kelihatannya teori ini benar, karena sewaktu dipencet maka jerawat akan mengecil namun karena faktor kebersihan yang buruk, memencet jerawat dapat berakibat fatal seperti infeksi kulit, pendarahan, iritasi, bahkan bekas luka parut yang tidak bisa hilang. Untuk itu sangat penting untuk menghentikan kebiasaan memencet jerawat.

2. Coklat, susu dan minuman bersoda menyebabkan jerawat

Pendapat diatas tidak sepenuhnya benar, gula yang terkandung di dalam permen coklat, susu atau minuman bersodalah yang memberi kontribusi bagi jerawat di wajah. Gula menjadi salah satu zat yang memperburuk peradangan, karenanya gula buruk bagi masalah kulit seperti jerawat ini. Untuk itu disarankan mengkonsumsi coklat hitam (dark chocolate) dan susu rendah lemak, karena kedua minuman ini bermanfaat bagi tubuh.

3. Anda dapat menutupi jerawat dengan make up

Untuk para ladies tentu sudah wajar jika menutup kulit berjerawat dengan balutan make up, namun tahukah Anda bahwa liquid foundation dapat memperburuk kondisi kulit yang berjerawat? Untuk itu Anda disarankan untuk menggunakan bedak tipis saja yang dapat membuat kulit Anda tetap bisa memperoleh sirkulasi udara yang cukup.

4. Jerawat dapat hilang dengan sendirinya

Tidak semua kasus demikian, jerawat juga bisa berdampak serius pada wajah Anda jika tidak ditangani dengan benar. Luka permanen atau lubang-lubang pada wajah seperti permukaan bulan adalah akibat dari penanganan jerawat yang buruk.

5. Jatuh cinta adalah penyebab jerawat

Jatuh cinta tidaklah menjadi penyebab jerawat, hormon-lah yang menjadi pemicu masalah pada kulit. Jadi jangan merasa bersalah dengan jatuh cinta atau menjadikan jerawat sebagai indikasi tentang kondisi perasaan seseorang, karena semua itu hanyalah sebuah mitos saja.

Jerawat bertengger diwajah memang tidak menyenangkan, namun bukanlah akhir dunia. Kunjungilah dokter kulit Anda dan mintalah penanganan yang tepat untuk mengenyahkan jerawat dari wajah Anda. Oh ya, jika Anda sedang hamil pastikan dokter kulit Anda tahu ya, karena beberapa obat dapat oral dapat membahayakan kandungan Anda.

Baca juga artikel lainnya :

Masker Coklat Untuk Dapatkan Wajah Menawan

Obat Anti Jerawat Yaitu Virus yang Ada di Wajah

Mitos Jerawat di Bulan Kasih Sayang

Sudah Siap Menjadi Seorang Ayah? Ini Tipsnya

Merry Riana : Jelilah Dalam Melihat Kesempatan

Sumber : Berbagai sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami