Makanan dan Minuman yang Sehatkan Gigi

Gizi & Nutrisi / 4 December 2012

Kalangan Sendiri

Makanan dan Minuman yang Sehatkan Gigi

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
4839

Tahukah Anda untuk membuat gigi kita semakin sehat bisa dibantu juga dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang pastinya akan kita sukai. Mengapa makanan? Jelaslah karena makanan mengandung nutrisi yang penting untuk setiap sel tubuh kita termasuk di dalamnya adalah gigi kita. Berikut ini beberapa jenis makanan yang membantu memperkuat dan menyehatkan gigi

1.  Susu dan Yoghurt yang tidak ditambah gula. Selain kandungan kalsiumnya, susu dan yoghurt memiliki tingkat keasaman yang rendah dan yang dapat memperlambat terjadinya erosi pada gigi.

2.  Cengkeh adalah gudang nutrisi penting yang tepat dari vitamin yang baik untuk nutrisi penting seperti kalsium dan magnesium. Cengkeh bahkan dapat menyediakan Anda jumlah energi yang baik dan mengandung serat makanan.

Minyak cengkeh telah lama digunakan sebagai obat untuk sakit gigi. Eksperimen baru-baru ini telah membuktikan sifat analgesik dari cengkeh. Jadi lain kali Anda mengalami sakit gigi, Anda bisa menggunakan minyak cengkeh sebagai obat.

3.  Green Tea mengandung antioksidan polyphenols yang dapat mencegah munculnya plak pada gigi, juga mengurangi kemungkinan munculnya lubang pada gigi dan radang gusi.

4.  Buah-buahan yang tinggi kandungan vitamin C-nya. Seperti plum, kiwi, apel, stroberi,jeruk, buah sitrun, dan pir.

Vitamin C salah satu komponen penting dari kolagen yang berfungsi seperti semen yang melekatkan satu sel dengan sel yang lain. Bukan hanya membuat kulit sehat, tetapi juga mencegah peradangan gusi.

5.  Produk hewani, seperti ikan, daging sapi, ayam/unggas, dan telur. Mengandung mineral fosfor yang bersamaan dengan vitamin D dan kalsium dapat membentuk sistem tulang dan gigi yang kuat.

Daging kaya akan protein, zat besi dan vitamin B12. Menurut panduan piramida makanan oleh World Health Organization, orang dewasa harus makan 2-3 porsi produk daging setiap hari (masing-masing sekitar 110 gram).

6.  Produk kacang-kacangan.

Dalam jumlah yang tepat, makanan tersebut dapat mengurangi asam yang diproduksi oleh bakteri di mulut dan membentuk lapisan pelindung pada email gigi.

7.  Sayuran hijau kaya akan vitamin A dan protein yang menjaga gigi dan tulang selalu dalam kondisi yang baik. Dalam keadaan mentah, sayuran segar sangat baik untuk gigi karena kandungan serat mereka membutuhkan ekstra kunyahan, yang menyebabkan produktivitas air liur kita meningkat.

Salah satu sayuran hijau yang bagus untuk gigi adalah seledri, karena terurai menjadi helai berserat yang secara alami membersihkan gigi.

8.  Air putih. Membersihkan rongga mulut dan mendukung ludah untuk bekerja mendepositkan mineral penting ke dalam pori gigi. Air juga membuat gusi menjadi lentur dan membantu membersihkan sisa makanan dari sela gigi yang dapat mengakibatkan inflamasi dan bau napas kurang sedap.

9.  Permen Karet Bebas Gula

Apalagi dengan kandungan pemanis buatan semacam Xylitol dapat membantu mencegah bakteri berbahaya dalam plak dari metabolisme gula, sehingga menghasilkan asam yang dapat menurunkan enamel gigi. Selain itu permen karet ini membantu menghilangkan plak dan juga bakteri dari gigi.

 

Baca Juga :

Mengerikan, Dunia & Generasi Ini Dikuasai Pornografi

Dunia Senang Memanjakan Anda

Pejabat Negara Suka Jajan, Kini Guru Berlaku Cabul

Banyak Pejabat Negara Perlu Bertobat, AIDS di Cianjur Parah

Iman Kesembuhan Vs Iman Keselamatan

5 Manfaat Positif Hubungan Seks Suami Isteri

3 Kunci Mengubah Anak Yang Terbiasa Merengek

Psy Gangnam Style Natalan Dengan Barack Obama



Sumber : berbagai sumber / jp.mamora
Halaman :
1

Ikuti Kami