Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login
Adonai, Raja & Penguasa Tunggal Sumber :

6 January 2017

January 2017
MonTueWedThuFriSatSun
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
 1739
[Daily Devotional]

Adonai, Raja & Penguasa Tunggal

Lukas 20:42-44

"Sebab Daud sendiri berkata dalam kitab Mazmur: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu. Jadi Daud menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?"

Bacaan Alkitab Setahun Mazmu6 ; Matiu6 ; Kejad11-12

Saya pernah mendengar cerita tentang dua orang anak yang sedang bermain. Yang lebih tua memberitahu apa yang harus dilakukan anak yang lebih muda. Setelah mendengarkannya, anak yang lebih muda itu berkata, "Kamu bukan bosku."

Saya juga pernah bekerja dengan seorang wanita yang sangat kukuh bahwa dia tidak punya bos. "Saya punya majikan," ungkapnya, "Tapi saya tidak punya bos." Dia tidak bersedia menundukkan diri kepada siapapun dan sikapnya terhadap kata "bos" salah satu buktinya. 

Hari ini saya ingin kita bertanya, "Siapakah yang menjadi bosmu?" Setiap kita memiliki seseorang atau sesuatu yang mengendalikan kita dan menjadi tuan kepadanya kita menundukkan diri. Jika kita bijaksana, kita akan memilih Tuhan sebagai bos kita. Namun untuk beberapa orang, bos atas hidup mereka bisa jadi orang lain, kebiasaan buruk, atau ikatan dalam hidup mereka. Bahkan tidak jarang orang menjadi kekuasaan dan uang menjadi tuan atas hidupnya. Selama bertahun-tahun, gangguan pola makan menjadi penguasa hidup saya. Saya ijinkan hal itu untuk menentukan arah hidup saya dan menentukan segala tindakan yang saya buat. 

Nama Allah yang kita pelajari hari ini adalah Adonai, berarti Raja atau Tuan. Jika Tuhan adalah Adonai bagi kamu, kepada Dialah kamu harus menundukkan diri dan menyembah; Dia adalah bos atas hidupmu. Adonai adalah sosok penguasa tunggal dalam hidupmu dan Satu-satunya pribadi kepadanya kamu menyatakan kesetiaan. 

Pertama kali nama ini disebutkan menunjuk kepada Tuhan di Alkitab adalah di Kejadian 15:1-2 saat Tuhan berkata kepada Abraham: 

Kemudian datanglah firman TUHAN kepada Abram dalam suatu penglihatan: "Janganlah takut, Abram, Akulah perisaimu; upahmu akan sangat besar."

Abram menjawab: "Ya Tuhan ALLAH, apakah yang akan Engkau berikan kepadaku, karena aku akan meninggal dengan tidak mempunyai anak, dan yang akan mewarisi rumahku ialah Eliezer, orang Damsyik itu."

Abram mengijinkan Tuhan menjadi Adonai dalam hidupnya. Dia mentaati perintah Tuhan untuk keluar dari tanah kelahirannya ke tanah yang tidak ia kenal. Dia bergantung kepada Tuhan untuk memelihara hidupnya dan keluarganya. Tetapi dalam kondisi ini, Abram meminta sesuatu kepada Allah - keturunan. Mungkin karena keluhan-keluhan Sarai dia menjadi lupa akan kemahakuasaan Tuhan. Untuk kamu para wanita, ingatlah bahwa dirimu bisa memberi pengaruh baik atau buruk kepada suamimu. Jadi hati-hati menggunakan pengaruh yang Tuhan percayakan dalam hidupmu. 

Abram percaya bahwa dia butuh seorang anak untuk merasa utuh dan lengkap walaupun Tuhan berkata bahwa Dirinya adalah hadiah yang lebih besar dari apapun. Namun Abram merengek dan berkata, "Tapi aku membutuhkan sesuatu yang lain. Sesuatu yang lebih penting bagi saya daripada diri-Mu." Abram hanya di bibir saja mengakui Tuhan sebagai Adonai, sebab Dia tidak mengijinkan Tuhan memegang kendali sepenuhnya atas hidupnya dalam hal keturunan. 

Seberapa sering kita menjadi seperti Abram, mengakui Tuhan sebagai Adonai dalam hidup kita; bos atau penguasa hidup kita, namun dalam beberapa area kita masih ingin memutuskan sendiri atau bahkan mengatur Tuhan? 

Saya mengalami anorexia selama bertahun-tahun. Sekalipun saya menjadi pengikut Yesus sejak umur 15 tahun, saya tidak mengijinkan Yesus mengendalikan hidup saya sepenuhnya. Saya, seperti Abraham, mengijinkan hal lain selain Tuhan mengusai hidup saya. Untuk beberapa orang, bos mereka yaitu pekerjaan, uang, status, pekerjaan, makanan, alkohol, obat-obatan terlarang, teman atau hal-hal lainnya. Apa yang masih menjadi penguasa hidup kamu sekarang ini? Bersediakah kamu melepaskannya? Mari datang kepada Tuhan dan bertobat.

Sumber : Jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :

Vin 24 November 2017 - 02:37:57

Pernikahan saya spt sudah diujung tanduk..saya sud.. more..

1 Answer

Ledo Kartono 22 November 2017 - 12:15:48

apa saja contoh kesombongan dalam religius

1 Answer

Mikey Oei 20 November 2017 - 21:25:50

Kenapa dalam Mat 27 : 44 tertulis berbeda dengan L.. more..

1 Answer


Herman Tan 24 November 2017 - 07:17:01
Tolong doakan sahabat saya joseph k yang mengalami... more..

Marusaha F S 18 November 2017 - 12:09:03
Minta bantu doa utk pekerjaan, dan agar hutang hut... more..

DEDEN SURYADI 16 November 2017 - 03:02:20
Sya minta dukungan doa untuk bisa memiliki rumah d... more..

Leticia 15 November 2017 - 11:34:48
Teman2 JC tolong doakan saya supaya dapat pekerjaa... more..

Banner Mitra Week  3


7335

advertise with us