Membuktikan Janji Pernikahan, Mencintai Saat Sakit Maupun Sehat
Sumber: google

Marriage / 30 May 2013

Kalangan Sendiri

Membuktikan Janji Pernikahan, Mencintai Saat Sakit Maupun Sehat

Puji Astuti Official Writer
18185

Saat memasuki pernikahan, dan mengucapkan janji "Aku akan mencintaimu di saat senang dan susah, miskin atau kaya, sakit maupun sehat ... sampai maut memisahkan kita," tidak seorangpun yang membayangkan kemungkinan terburuk yang akan dialami. Semua orang mengharapkan yang terbaik, namun terkadang kehidupan tidak selalu seperti yang kita inginkan.

Salah satu contoh kisah yang mengalaminya adalah pemeran tokoh Superman, Christopher Reeve. Ia menikahi wanita pujaannya Dana di tahun 1992 dan lahirlah putera pertama mereka William. Namun di tahun ketiga pernikahan mereka, Reeve jatuh dari kuda dan menjadi lumpuh total.

Apa yang Anda lakukan jika mengalami situasi seperti Dana dan Reeve ini? Penyakit kronis yang diderita pasangan ternyata menjadi sebuah ujian yang berat dalam sebuah pernikahan. Sebuah studi yang dirilis jurnal Kanker mengungkapkan hasil penelitian yang menyatakan bahwa wanita yang didiagnosa kanker enam kali beresiko diceraikan daripada pria. Kebanyakan pria tidak siap menghadapi bahwa istrinya sakit keras dan ia harus memikul tanggung jawab untuk merawatnya.

Dalam kasus Dana dan Reeve, kesetiaan istri Reeve dan kasihnya membantu Reeve bangkit dari keputusasaan. Hal itu butuh waktu bertahun-tahun, karena Reeve sempat kecewa dengan kehidupan dan pernah mencoba bunuh diri. Beruntung Dana tidak pernah putus asa.

Merawat dan mengasihi pasangan yang sakit kronis dalam waktu lama bukanlah hal yang mudah, dalam masa-masa pencobaan seperti ini harus terus bergantung kepada Tuhan. Karena tanpa kekuatan dari-Nya, Anda akan putus asa, kecewa, marah bahkan merasa kelelahan.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat saat menghadapi masa-masa sulit serupa yang dihadapi Dana dan Reeve:

1. Cobalah mengerti perasaaan pasangan Anda. Rasa sakit dan juga rasa menjadi beban dan merasa tidak berguna sering dialami oleh seseorang yang sakit. Untuk itu sangat penting mengerti perasaannya dan juga membangun semangatnya bahwa Anda akan tetap ada disisinya dalam keadaan apapun seperti yang pernah kalian ucapkan bersama.

2. Kuatkan iman pasangan Anda, karena pada masa-masa sulit seperti mengalami sakit parah, seseorang dapat kecewa kepada Tuhan dan merasa ditinggalkan oleh-Nya. Bimbinglah pelan-pelan agar dia mengerti maksud Tuhan melalui apa yang terjadi saat ini. Ingatkan bahwa Tuhan menginjinkan pencobaan terjadi bukan untuk menghancurkan anak-anak yang dikasihi-Nya, sebaliknya untuk membentuk dan menjadikannya menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih kuat.

3. Ajaklah berdoa bersama secara rutin, percayalah bahwa doa orang benar besar kuasanya. Jangan pernah putusasa, kuasa Tuhan sanggup mewujudkan sesuatu yang mustahil sekalipun. Teruslah berdoa bersama pasangan dan juga keluarga hingga sesuatu terjadi.

4. Perkatakan kebenaran firman Tuhan. Percayalah bahwa setiap firman Tuhan yang diucapkan tidak akan pernah kembali dengan sia-sia.

5. Sisihkan waktu untuk Anda beristirahat. Luangkan waktu untuk Anda keluar dari tekanan barang sejenak, lakukan sesuatu yang Anda sukai, temuilah sahabat-sahabat untuk menyegarkan diri dan semangat Anda.

6. Carilah bantuan konselor profesional. Ada situasi-situasi tertentu dimana Anda tidak bisa tangani sendiri dan membutuhkan campur tangan konselor profesional. Untuk itu jangan malu untuk mencari bantuan.

Seperti kisah Dana dan Christopher Reeve, mereka berhasil melalui badai kehidupan pernikahan sekalipun Reeve tidak pernah sembuh. Reeve bangkit dari mengasihani dirinya dan  membangun sebuah yayasan yang membantu orang-orang yang mengalami kondisi serupa dengan dirinya. Ia kemudian meninggal dunia di tahun ke 9 masa sakitnya. Secara tidak terduga, Dana akhirnya meninggal dunia satu setengah tahun setelah kematian Reeve akibat kanker paru-paru. Pasangan ini menjadi inspirasi karena cinta mereka yang kuat, seperti janji pernikahan yang pernah mereka ucapkan.

Kehidupan di dunia ini hanya sebentar saja, namun cinta yang kita bagi bersama pasangan dan juga keluarga serta sahabat merupakan harta yang paling berharga yang harus dijaga dan dipertahankan. Jangan biarkan guncangan sakit penyakit, keuangan atau bahkan orang ketiga, mencuri harta paling berharga itu dari hidup Anda. Percayalah bahwa Tuhan menghargai kesetiaan Anda terhadap pasangan, begitu juga pasangan  dan juga keluarga Anda.

Baca juga artikel lainnya :

Cara Jitu Hadapi Pasangan Yang Sakit

Dasyat, Komik Superman Laku 20 Miliar

Ciptaan Baru

6 Makanan dan Minuman Sehat Untuk Lawan Alzheimer

Tuhan Menolong Mamaku Sembuh Dari Komplikasi Diabetes dan Stroke!

Sumber : Berbagai sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami