Lima Makanan Sehat Untuk Ginjal Sehat
Sumber: Healthyog.com

Gizi & Nutrisi / 19 March 2014

Kalangan Sendiri

Lima Makanan Sehat Untuk Ginjal Sehat

Lori Official Writer
7485

Sangat mengejutkan bukan bila ternyata pola hidup dan kebiasaan makan yang tak sehat menjadi penyebab munculnya batu ginjal. Penyakit ini ditandai dengan gejala sakit luar biasa di bagian pinggang  bawah, hingga penderita mengalami gangguan buang air kecil.  

Bagi yang telah mengalaminya, dibutuhkan sejumlah upaya pencegahan untuk tidak memperburuk kondisi batu ginjal. Sebagian besarnya dengan menghindari konsumsi makanan tinggi protein, garam, vitamin C dan kalsium. Bila tak ingin terserang penyakit ini, anda patut mengkonsumsi jenis-jenis makanan berikut.

Bawang putih

Kandungan anti-oksidan dan anti pembekuan yang terdapat dalam bawang putih berkhasiat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dan peradangan dalam tubuh.

Apel

Percaya atau tidak, apel menjadi salah satu makanan sehat yang ternyata mampu membersihkan ginjal. Manfaatnya yang sangat baik bagi tubuh berasal dari kandungan antioksidannya (polifenol dan flavonoid), vitamin dan mineral. Sehingga disebut dapat mencegah terbentuknya batu ginjal dalam tubuh.

Cranberry

Buah Cranberry merupakan sumber antioksidan polifenol yang bermanfaat bagi sistem jantung, pembuluh darah, sistem kekebalan tubuh dan anti kanker. Selain itu, Carnberries juga berguna untuk mencegah infeksi saluran kemih dengan mengubah urin menjadi lebih asam dan membantu menjaga bakteri yang melekat di bagian kandung kemih.

Minyak zaitun

Mengkonsumsi minyak zaitun sekali sehari selama satu minggu, diteliti dapat menurunkan tingkat oksidasi yang secara pasti berpengaruh terhadap penurunan risiko terbetuknya batu ginjal.

Ikan

Ikan menjadi sumber Omega 3 yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga melindungi ginjal dari penyakit. Jenis ikan yang baik adalah ikan salmon, herring, mackerel dan tuna.

Selain jenis makanan di atas, meminum banyak air putih menjadi hal yang paling penting. Semakin banyak minum, maka akan berpotensi besar membersihkan komponen pembentuk batu ginjal. Pastikan pula Anda sudah menjalankan pola hidup dan makan yang sehat. Salam sehat.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

5 Makanan yang Dapat Tingkatkan Kebahagiaan

Redakan Sariawan Dengan Makanan dan Minuman Ini!

4 Manfaat Air Putih Untuk Kulit

Pria Obesitas Berhasil Kurus Karena Rajin Berjalan Kaki

Program Solusi Menginspirasi Hidupku

Sumber : Yourkidneys.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami