Redakan Sariawan Dengan Makanan dan Minuman Ini!
Sumber: Wordpress.com

Gizi & Nutrisi / 26 February 2014

Kalangan Sendiri

Redakan Sariawan Dengan Makanan dan Minuman Ini!

Lori Official Writer
14257

Saat sedang mengalami sariawan di mulut, rasa perih tentu akan sangat mengganggu waktu makan anda. Penyakit mulut yang berbentuk bulat dan terasa perih ini biasanya timbul akibat terluka/digigit, kurang vitamin, stres, ketidakseimbangan tubuh serta alergi makanan.

Luka ini akan menjadi tempat bersarangnya bakteri atau kuman mulut yang semakin memperlambat proses penyembuhan. Untuk sembuh dari sariawan anda dalam waktu singkat, sangat disarankan untuk mengkonsumsi jenis makanan dan minuman ini.

Buah

Sariawan akan cepat sembuh bila kebutuhan akan Vitamin C sudah terlengkapi. Sumber-sumber vitamin ini dapat diperoleh dari berbagai jenis buah-buahan seperti jeruk manis, jeruk nipis, buah berry, pisang dan pepaya.

Sayur

Selain buah, sayur-sayuran yang kaya dengan vitamin C dan Vitamin B sangat berkhasiat untuk sariawan. Sayur hijau seperti daun singkong, daun melinjo, kapri dan katuk. Sedang sayuran yang mengandung vitamin B seperti wortel dan kale dapat menghilangkan rasa stres penyebab sariawan.

Daun Sirih

Daun sirih merupakan bahan alami pereda sariawan, karena bersifat antiseptik dengan kandungan minyak atsiri (chavinol dan betlephenol), tenin dan vitamin C.

Air Kelapa

Sariawan akan mudah sembuh dengan mengonsumsi air kelapa sesering mungkin selama masa penyembuhan. Air kelapa ampuh menyembuhkan peradangan sariawan dan mencegah timbulnya luka baru.

Baking Soda

Baking soda dapat mengurangi kadar keasaman dalam mulut. Tak hanya mampu menyembuhkan sariawan tapi juga mencegah luka baru. Dr Dan. L. Watt, seorang dokter gigi asal Virginia menyatakan, baking soda dapat mencegah dan mengurangi berbagai macam bakteri di mulut saat dikonsumsi secara teratur.

Yoghurt

Kandungan lactobacillus acidophilus atau bakteri baik dalam yoghurt bermanfaat untuk menghilangkan sariawan. Dr Jerome Z menulis dalam bukunya berjudul ‘The Doctors Book of Home Remedies, bahwa bakteri baik bermanfaat untuk melawan bakteri jahat di dalam mulut. Mengkonsumsi sedikitnya 4 sendok yoghurt setiap hari akan menyembuhkan dan mencegah sariawan.

Luka berbentuk bulat yang timbul di sekitar mulut ini akan membutuhkan proses sembuh sedikitnya selama satu minggu. Bila tak ingin mengalami sariawan, lengkapi kebutuhan vitamin bagi tubuh anda, dan jauhkan pikiran dari stres. Salam sehat!


Baca Juga Artikel Lainnya:

Makanan Pilihan Pasca Operasi Usus Buntu

5 Selebritas yang Kabarnya Punya Masalah Bau Mulut

5 Minuman Sehat Pengganti Air Putih


Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami