5 Minuman Sehat Pengganti Air Putih
Sumber: Blogspot.com

Gizi & Nutrisi / 12 February 2014

Kalangan Sendiri

5 Minuman Sehat Pengganti Air Putih

Lori Official Writer
16324

Sekitar 55-78% tubuh mansia terdiri dari kandungan air. Jadi air putih atau mineral menjadi unsur penting pemenuhan kebutuhan cairan tubuh. Untuk memenuhinya, dianjurkan untuk wajib mengkonsumsi sekitar 6-8 liter air minum setiap harinya.

Meski sangat penting, tetap saja banyak yang tidak suka minuman tawar ini dan lebih memilih minuman manis atau berelektrolit yang sangat berbahaya bagi tubuh. Nah, bila tak ingin mengalami berbagai macam penyakit, sejumlah minuman ini dapat menjadi pilihan yang setara dengan kandungan air minum.

# Air Kelapa

Dibanding dengan sport drinks dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, air kelapa jauh lebih baik. Air kelapa mengandung gula alami seperti yang ada dalam buah-buahan, natrium, kalium, kalsium dan magnesium. Tak hanya menyegarkan tubuh, air kelapa dapat memulihkan dehidrasi dalam tubuh dengan meneguk 2-3 gelas.

# Buttermilk

Buttermilk biasanya digunakan untuk membuat tekstur pancake tampak lebih lembut. Susu sisa dari susu kental ini merupakan sumber dari kalsium, riboflavin dan vitamin. Kandungan asam didalamnya berfungsi melawan bakteri dan kuman.

# Jus Buah Citrus

Lantaran berasal buah-buahan, minuman menjadi sumber energi yang dapat diperoleh secara instan. Jus mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang mampu memberikan kesegaran bagi tubuh yang lelah.

# Sup

Bagi penderita flu, minum air putih hangat sangat baik bagi tubuh. Namun sup juga dapat dijadikan sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang. Dalam satu mangkuk sup ayam terdapat 840 miligram sodium dan 14 gram karbohidrat serta mengandung vitamin komplit, mineral dan pembangkit energi. 

# Popsicles

Air jus yang dibekukan ini mengandung air sebanyak 60-65 persen, sehingga sangat baik sebagai pengganti air. Saat mengkonsumsi popsicles, tubuh akan merasakan kesegaran kembali paska dehidrasi dan kelelahan. Selain itu, minuman itu juga dapat menunda rasa lapar.

Untuk diketahui, penelitian menemukan bahwa air adalah salah satu obat terbaik yang dapat menyembuhkan penyakit yang umum kita derita seperti keletihan, demam, alergi, asma, depresi, tekanan darah tinggi, diabetes, sakit kepala, dan sebagainya. Meski lima diantara minuman di atas dapat dijadikan sebagai pengganti air minum, Anda tetap dianjurkan untuk tetap memenuhi kebutuhan air bagi tubuh setiap harinya. 


Baca Juga Artikel Lainnya:

Pertajam Ingatan Dengan Apa Yang Anda Makan

Minum Air 3 Liter Tiap Hari, Ibu Hamil Keluarkan Kencing Darah

10 Fakta Mencengangkan Seputar Kerja Otak (2)

Waspada, Air Minum Isi Ulang Tidak Sehat di Jakarta

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami