Tips Mengatasi Fibromialgia
Sumber: sintomasde.org

Health / 14 August 2013

Kalangan Sendiri

Tips Mengatasi Fibromialgia

Budhi Marpaung Official Writer
7089

Hingga kini masih banyak orang yang tidak tahu mengenai fibromialgia. Bahkan beberapa dokter pun terkadang luput mendiagnosis penyakit yang satu ini. Tanpa bermaksud membela tetapi hal ini bisa terjadi karena gejala dari fibromiaglia yang banyak menyerupai penyakit lain dan tidak ada bantuan pemeriksaan penunjang untuk membantu menegakkan diagnosisnya.

Secara singkat, fibromialgia merupakan kondisi yang disebabkan keluhan nyeri dan kaku pada bagian otot, tendon, dan sendi. Fibromialgia juga dikarakterisasi dengan kondisi kurang istirahat, perasaan lelah saat bangun pagi, lelah, cemas, depresi, dan gangguan pencernaan.   

Adapun keluhan utama dari fibromialgia adalah nyeri. Nyeri tersebut disebabkan peningkatan sensitivitas terhadap rangsang nyeri yang diberikan dan ambang batas nyeri yang rendah.

Pada umumnya, nyeri fibromialgia menyebar di beberapa titik tubuh, meliputi kedua belah sisi tubuh, seperti pada daerah leher, bokong, bahu, lutut, lengan, punggung, dan dada.

Untuk mengatasi fibromialgia secara efektif ada sejumlah tips yang bisa Anda terapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Berikut tips-tips yang dimaksud:  

1. Kurangi Stres

Stres dapat memicu timbulnya dan bahkan memperkuat fibromialgia pada seseorang. Oleh sebabnya, mengurangi stres yang Anda alami adalah penting dilakukan. Carilah seseorang yang dipercaya dapat memberikan jalan keluar atas permasalahan Anda. Ungkapkan kepusingan Anda dan mintalah tolong orang tersebut untuk memberikan jalan keluar.

Bakal menjadi lebih baik lagi apabila Anda juga berdoa kepada Tuhan dan membaca Alkitab. Sebab dari zaman ke zaman telah terbukti bahwa Tuhan sanggup membawa kita menang atas masalah-masalah kita.

2. Olahraga Teratur

Dengan olahraga teratur maka Anda sedang melatih tubuh Anda dengan benar. Kebugaran pun akan Anda rasakan setiap selesai melakukan aktivitas menyehatkan ini. Bagi mereka yang terkena fibromialgia, berolahragalah semacam aerobik low-impact seperti berenang, bersepeda, dan jogging.

3. Lakukan Diet

Diet untuk fibromialgia disarankan untuk menghindari alkohol dan kafein sebelum tidur karena dapat berpengaruh dengan kurangnya waktu istirahat.

4. Konsumsi Obat

Beberapa obat yang disarankan untuk dikonsumsi merupakan obat antidepressan karena jenis ini dapat mengurangi rasa lelah, mengurangi spasme otot, dan membantu tidur lelap.

Jika cara-cara diatas sudah Anda terapkan dengan benar tetapi nyeri fibromialgia ternyata semakin kuat Anda rasakan maka sebaiknya temui dokter ahli. Penanganan yang cepat dan tepat sesungguhnya langkah terbaik agar sakit yang kita derita tidak semakin parah dan melebar kemana-mana. Oke ?

 

Baca juga :

Alami Fibromyalgia? Atasi Dengan Diet Makanan Ini

Universitas Kehidupan

Prediksi Pertandingan Persahabatan Indonesia vs Filipina

Sumber : klikdokter.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami