Berbagi Beban dengan Saudara Seiman
Kalangan Sendiri

Berbagi Beban dengan Saudara Seiman

Lori Official Writer
      2107

Fearless Faith Seri 4: Bagaimana Mengatasi Rasa Takut dan Ketidakpastian Dalam Hidup Dengan Iman 

 

Ayat Renungan: Ibrani 10:24-25, "Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat."

Sebagai orang percaya, kita harus memiliki saudara seiman yang bisa menjadi teman diskusi dan mentor rohani dalam hidup kita. Dalam Amsal 15:22 tertulis, "Rencana gagal bila tidak ada pertimbangan, tetapi dengan banyak penasehat rencana berhasil." Ketika kita meminta nasihat dari saudara seiman atau mentor rohani kita bisa memandang sebuah situasi dari perspektif yang berbeda dan mendapatkan arahan yang sesuai dengan kehendak Tuhan. 

Teman sesama saudara seiman dan yang memiliki kedewasaan iman bisa membantumu untuk melihat situasi dari perspektif yang berbeda dan memberikanmu motivasi untuk terus berjuang dan menguatkan iman. Di Ibrani 10:24-25, tertulis, "Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat." Teman seimanmu bisa menjadi penyemangat dan pendorong agar imanmu tetap bertumbuh. Dengan membangun percakapan dan komunikasi dengan orang Kristen yang bijaksana, kamu bisa mendapatkan dukungan yang dibutuhkan untuk melalui situasi sulit dalam hidupmu. 

Namun, selain meminta nasihat dari saudara seiman, kita juga harus tetap mengandalkan Tuhan. Dalam Yakobus 1:5, tertulis, "Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit, maka hal itu akan diberikan kepadanya". Ketika kita meminta petunjuk dari Tuhan, Dia akan memberikan hikmat dan petunjuk yang tepat untuk mengatasi rasa takut dan ketidakpastian dalam hidup kita.  

 

Action: Mari terlibat dalam komunitas sel di gereja atau di kantormu. Minta kepada Tuhan untuk memberikan seorang mentor rohani yang bisa membantu kita semakin kuat dan kita bisa melalui setiap ujian dalam hidup dengan penuh keyakinan. 

Ayat Hafalan: 1 Petrus 5:7, "Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu." 

 

Hak cipta @Nely Hergendi

Ikuti Kami