Tunjukkanlah Imanmu Dalam Perbuatan-perbuatanmu!
Kalangan Sendiri

Tunjukkanlah Imanmu Dalam Perbuatan-perbuatanmu!

Puji Astuti Official Writer
      3956

Yakobus 2:18

Tetapi mungkin ada orang berkata: "Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan", aku akan menjawab dia: "Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku." 

Bacaan Alkitab Setahun Mazmur 23; Matius 23; Yesaya 3-4

Sebagian orang berpikir bahwa iman hanyalah sebuah topik pembicaraan yang seru untuk diperbincangkan, sebuah ide yang bisa dibagikan kepada orang lain atau pandangan teologi untuk diperdebatkan.

Tetapi Alkitab tidak menyatakan demikian, iman bukan cuma sekedar hal tersebut, bahkan merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan kita sebagai pengikut Kristus. Yakobus mengajarkan kepada kita bahwa iman yang sejati mengubah kehidupan kita.

Dalam terjemahan Alkitab Kabar Baik (BIS) Yakobus 2:18 dituliskan seperti ini: 

Mungkin ada yang berkata, "Ada orang yang bersandar kepada imannya dan ada pula yang bersandar kepada perbuatannya." Saya akan menjawab, "Tunjukkanlah kepada saya bagaimana orang dapat mempunyai iman tanpa perbuatan dan saya akan menunjukkan dengan perbuatan bahwa saya mempunyai iman."

Melalui ayat tersebut, Yakobus menggambarkan bahwa ada orang yang berpikir bahwa iman dapat dipisahkan dari perbuatannya — bagaimana mempercayai Firman Tuhan dan perbuatan baik tidak berhubungan sama sekali. 

Namun,  Yakobus menegaskan bahwa orang lain tidak dapat melihat iman Anda jika Anda tidak menunjukkannya dalam perbuatan baik yang Anda lakukan sehari-hari.

Hidupnya telah diubah oleh imannya, sehingga Yakobus berkata bahwa ia dapat membuktikan imannya dengan menunjukkan cara ia melayani Tuhan dan cara ia melayani orang lain.

Salah satu cara untuk menjelaskan konsep ini, contoh yang paling mudah adalah tentang kasih. Kasih tidak dapat terlihat kecuali Anda menunjukkannya dalam tindakan Anda kepada orang-orang di sekelilingmu. Dengan cara yang sama, satu-satunya cara Anda mengetahui apakah seseorang memiliki iman sejati adalah dengan melihat bagaimana mereka menjalani kehidupannya.

Jadi, Yakobus pada dasarnya mengatakan, "Jika Anda mengaku sebagai seorang Kristen, maka saya memiliki hak untuk meminta Anda untuk membuktikannya iman Anda kepada Kristus tersebut melalui tindakan Anda."

Intinya adalah, jika Tuhan yang begitu luar biasa masuk dalam kehidupan Anda, maka  tidak mungkin kehidupan  Anda tidak dirubah-Nya secara nyata. Sebab 2 Korintus 5:17 menyatakan bahwa, Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.”

Hari ini, mari periksa hidup kita masing-masing, apakah iman kita sudah terpancar melalui tindakan dan perbuatan kita setiap harinya?

Kamu sedang dalam pergumulan dan butuh dukungan doa? Klik link dibawah ini untuk terhubung dengan tim doa kami https://bit.ly/InginDidoakan

Kamu butuh teman curhat dan membutuhkan pertolongan Tuhan? Klik link dibawah ini untuk konseling dengan konselor kami http://bit.ly/inginKonseling

Ikuti Kami