Menunda Kebaikan
Kalangan Sendiri

Menunda Kebaikan

Lori Official Writer
      8678
Show English Version

Amsal 3: 27

Janganlah menahan kebaikan daripada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya.

Bacaan Alkitab Setahun:

Dalam sebuah ibadah yang kami lakukan beberapa hari lalu di kantor, saya selaku yang ditugaskan memimpin memilih topik yang berkaitan dengan ‘kebaikan’. Saya memilih topik tersebut karena bertepatan baru saja merenungkan sebuah ayat di Alkitab yang jelas sekali menerangkan tentang hal ini. Pertanyaannya sederhana yaitu: Tindakan kebaikan apa yang pernah ingin kamu lakukan tetapi tertunda dan menyiratkan penyesalan saat ini?

Dan setiap rekan melontarkan setiap pengalamannya. Ada yang menyesal tidak menuruti permintaan orang tua; kurang peduli dengan perasaan sang ibu yang sedang sakit; membentak ayah yang panik berlebihan. Ada pula yang menyesal karena tak tergerak untuk menolong orang lain saat tengah dalam kecelakaan, dan bahkan menyesal karena tidak memberitakan Injil kepada orang yang amat memerlukannya.

Faktanya, setiap hari kita punya banyak kesempatan melakukan perbuatan baik kepada sesama. Sebut saja , menolong orang buta menyeberang jalan, menghibur orang   yang  sedang mengalami kesedihan atau berduka, mengingatkan orang akan janji penting yang harus ditepatinya, dan masih banyak lagi. Sayangnya kita justru kerap tidak menganggap memberitakan injil atau mengenalkan orang lain kepada Yesus sebagai suatu perbuatan baik.

Tidak mengherankan jika kita jarang atau malah nyaris tidak pernah melakukannya. Padahal sesungguhnya banyak orang rindu mendengar pemberitaan injil serta mengenal pribadi Yesus yang penuh belas kasihan. Karena itu firman Tuhan dalam Roma 10: 15 mengingatkan, “Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar kebaikan!”.

Selain berbuat baik dengan cara menghormati, mencintai dan menolong orang lain, kita juga diingatkan untuk menyebarkan berita kebaikan kepada orang yang belum mendengarnya. Jadi bila hari ini kita berkesempatan melakukan kebaikan terhadap sesama, jangan lupa juga untuk memberitakan tentang kebaikan Tuhan. Karena banyak orang yang berhak mendapatkannya.- LS

 

Lakukanlah kebaikan selagi ada waktu, jangan menunda!

Ikuti Kami