Pulangnya Sang Raja
Kalangan Sendiri

Pulangnya Sang Raja

Budhi Marpaung Official Writer
      5587
Show English Version

Markus 16:19

Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian pada mereka, terangkatlah Ia ke surga, lalu duduk di sebelah kanan Allah

Bacaan Alkitab Setahun : [kitab]mazmu119:1-88[/kitab]; [kitab]ikori7[/kitab]; [kitab]isamu1-2[/kitab]

Hari yang paling menggembirakan bagi Yesus, menurut Philip Yancey, barangkali adalah hari kenaikan-Nya ke surga. “Dia, sang Pencipta, yang telah turun begitu jauh dan melepaskan begitu banyak, sekarang akan pulang. Seperti prajurit yang kembali menyeberangi samudra setelah perang yang panjang dan penuh darah. Seperti astronot yang melepaskan baju antariksanya untuk menghirup udara bumi yang manis. Akhirnya sampai di rumah,” tulisnya.

Yesus “pulang” ke surga sebagai Raja. Markus mencatat, setelah menyampaikan amanat kepada para murid. Dia terangkat ke surga dan “duduk di sebelah kanan Allah” (ayat 19). Gambaran yang agung ini dapat dipahami sebagai kiasan tentang wewenang dan kekuasaan. Di dalam Alkitab, “duduk di sebelah kanan Allah” berarti dianugerahi kedudukan yang luhur sebagai pemangku kekuasaan tertinggi, suatu peran yang diberikan Allah secara simbolis kepada para raja di Perjanjian Lama (Mazmur 110:1). Injil Markus menyatakan, Yesus meninggalkan bumi menuju ke surga dan sekarang memerintah dengan wewenang Allah yang berdaulat. Yesus bertakhta sebagai Raja di atas segala raja.

Marilah kita bersukacita bersama dengan Yesus pada hari kenaikan-Nya! Kita dapat menyanyikan lagu-lagu pujian yang mengagungkan Yesus sebagai Raja. Kenaikan-Nya menjanjikan bahwa masa depan kita terjamin dalam Kerajaan-Nya. Dia menghendaki kita menjadi duta pemerintahan surgawi-Nya yang penuh kasih selama kita tinggal di muka bumi ini. Dan, Dia memperlengkapi kita dengan Roh Kudus untuk menjalankan pelayanan tersebut – ARS

Karena tubuh Kristus terangkat mengatasi semua langit, kuasa-Nya akan tersebar melewati segala batasan – John Calvin

Ikuti Kami