Doa Deklarasi, Menghadirkan Kuasa Penciptaan
Kalangan Sendiri

Doa Deklarasi, Menghadirkan Kuasa Penciptaan

Puji Astuti Official Writer
      1072

Ayat Renungan: 

Yohanes 1:1-3,

Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. 

Dalam Kejadian 1, Allah menciptakan alam semesta dan juga bumi serta segala isinya dengan kuasa perkataan atau dengan berfirman. Dalam Yohanes 1:1 dinyatakan bahwa, “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.” 

Dari kebenaran di atas kita bisa menyimpulkan bahwa di dalam Firman Tuhan ada kuasa penciptaan, karena Firman itu adalah Allah sendiri. Itu sebabnya kita sebagai orang Kristen mempercayai bahwa Firman Tuhan memiliki kuasa untuk mengubahkan kehidupan seseorang, karena Firman yang kita ucapkan dengan iman mengandung kuasa Allah.  

Tahukah Anda bahwa ketika Yesus Kristus menebus kita, Dia memeteraikan kita dengan Roh Kudus dan juga memberikan kepada kita kuasa untuk memperlengkapi kita dalam mengemban Amanat Agung?  

Kisah Rasul 1:8 menyatakan, “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” 

Dengan menyadari kebenaran di atas, kita dengan penuh keberanian dapat berdoa dengan memperkatakan Firman Tuhan atau doa deklarasi. Doa ini bukanlah doa yang memaksakan kehendak kita kepada Tuhan, sebaliknya kita berdoa agar kehidupan kita selaras dengan kehendak Tuhan. Kita memproklamirkan janji-janji Tuhan itu terjadi dalam kehidupan kita.  

Doa deklarasi adalah menyatakan bahwa kehendak Tuhan yang terjadi, sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan. Sama seperti yang di nyatakan dalam Doa Bapa Kami, “datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.” (Matius 6:10). 

Sudahkah kita mempraktekan doa-doa penuh iman dengan mendeklarasikan Firman Tuhan? 

Action: Perkatakanlah firman Tuhan atas satu pergumulan yang Anda sedang hadapi saat ini.  

Ayat Hafalan: Lukas 1:37, Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil. 

Ikuti Kami