8 Langkah Membebaskan Diri dari Jerat Hutang Pinjol dan Kartu Kredit dari Pakar Keuangan
Sumber: jawaban.com

Finance / 21 June 2024

Kalangan Sendiri

8 Langkah Membebaskan Diri dari Jerat Hutang Pinjol dan Kartu Kredit dari Pakar Keuangan

Claudia Jessica Official Writer
787

Apakah Anda tengah terjebak dalam lingkaran hutang pinjaman online (pinjol) dan kartu kredit yang tampaknya tiada akhir?

Hutang pinjol dan kartu kredit ini memang sangat menekan dan membuat Anda khawatir setiap hari tentang bagaimana melunasi semua tagihan tersebut.

Namun, ada harapan dan solusi yang dapat membantu Anda keluar dari jeratan hutang ini.

Juhono Sudirgo, seorang hamba Tuhan dan pakar keuangan yang berpengalaman lebih dari 14 tahun di bidang perbankan dan 12 tahun di dunia sekuritas membagikan 8 langkah praktis yang dapat Anda terapkan untuk melunasi hutang pinjol dan kartu kredit.

Christina adalah salah satu contoh nyata yang berhasil menerapkan langkah-langkah ini dan akhirnya terbebas dari beban hutang.

BACA: Total Hutang Rp650 Juta, Puji Tuhan Saya Bisa Lunasi – Kesaksian Christina

“Ini kan teorinya, Ibu Christina sudah melakukan langkah-langkah yang persis yang ada di sini,” kata Juhono.

Berikut adalah 8 langkah untuk membebaskan diri dari jerat hutang pinjol dan kartu kredit yang dibagikan oleh Juhono Sudirgo:

1. Catat Semua Hutang dan Bunga

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencatat semua hutang yang dimiliki, termasuk besaran bunga yang dikenakan. Dengan mencatat secara rinci, Anda bisa melihat gambaran keseluruhan dan mengetahui berapa jumlah total hutang yang harus dilunasi.

2. Jangan Gunakan Kartu Kredit atau Pinjol Lainnya

Untuk mencegah bertambahnya beban hutang, hindari penggunaan kartu kredit atau pinjaman online lainnya. Berhenti menggunakan fasilitas kredit tersebut hingga semua hutang terlunasi adalah langkah penting untuk mengendalikan keuangan Anda.

3. Turunkan Gaya Hidup

Turunkan gaya hidup dan kurangi pengeluaran yang tidak penting. Fokuslah pada kebutuhan pokok dan hentikan sementara pengeluaran untuk hal-hal yang bersifat hiburan atau keinginan pribadi.

 

BACA JUGA: Doa Agar Hutang Cepat Lunas, Akankah Tuhan Kabulkan?

 

4. Apakah Ada Aset yang Bisa Dijual?

Periksa aset-aset yang Anda miliki dan pertimbangkan untuk menjual beberapa di antaranya untuk membantu melunasi hutang. Menjual barang yang tidak lagi diperlukan dapat memberikan tambahan dana yang signifikan.

5. Nego ke Kreditur atau Cari Bunga yang Lebih Rendah

Cobalah untuk bernegosiasi dengan kreditur Anda untuk mendapatkan bunga yang lebih rendah atau mencari penyedia kredit lain yang menawarkan bunga lebih rendah. Pengurangan bunga dapat membantu mengurangi beban pembayaran bulanan Anda.

6. Utamakan Bayar Hutang dengan Bunga Tertinggi

Fokuskan pembayaran pada hutang dengan bunga tertinggi terlebih dahulu. Setelah hutang dengan bunga tertinggi terlunasi, alokasikan dana tersebut untuk membayar hutang lainnya. Strategi ini membantu mengurangi total bunga yang harus dibayar.

 

Baca halaman selanjutnya →

Sumber : Juhono Sudirgo
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami