Mitos atau Fakta: Daging Merah Berbahaya Bagi Kesehatan?
Sumber: jawaban.com

Health / 30 May 2024

Kalangan Sendiri

Mitos atau Fakta: Daging Merah Berbahaya Bagi Kesehatan?

Claudia Jessica Official Writer
526

Apakah benar daging merah berbahaya bagi kesehatan?

Banyak orang yang percaya bahwa konsumsi daging merah bisa memicu berbagai penyakit serius. Sebaliknya, sebagian orang juga percaya bahwa daging merah membawa manfaat baik bagi kesehatan.

Dr. Hans Kristian, seorang dokter, nutrisionis, dan konsultan kesehatan, menyatakan bahwa meskipun banyak yang menyebut daging merah sebagai penyebab kanker atau penyakit kardiovaskular, sebenarnya daging merah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

“Sejauh studi yang saya pelajari, daging merah itu banyak sekali manfaatnya meskipun sampai sekarang masih banyak juga orang yang mengatakan bahwa daging merah itu penyebab kanker, kardiovaskular dan lain-lain,” ungkap Dr. Hans Kristian saat dihubungi oleh Jawaban.com.

Perdebatan tentang bahaya daging merah sering kali timbul karena studi-studi yang ada tidak memberikan kesimpulan yang beragam. Namun, ia menekankan bahwa setiap individu memiliki kondisi tubuh yang berbeda, sehingga kebutuhan nutrisinya pun bervariasi.

 

BACA JUGA: Makanan Pengganti Daging Sapi untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

 

Mengapa Studi Bisa Berbeda-beda?

Menurut Dr. Hans, kita bisa menemukan studi yang mendukung keyakinan kita masing-masing.

“Kita bisa menemukan studi apapun tergantung pada apa yang kita mau untuk diklaim. Orang yang memiliki kepercayaan plant based diet adalah yang terbaik, mereka bisa menemukan studi itu. Sebaliknya, orang yang percaya bahwa diet karnivor atau diet keto adalah yang terbaik, mereka juga bisa menemukan studinya untuk mendukung kepercayaan mereka,” ungkapnya.

Kendati demikian, ada 3 hal yang perlu kita perhatikan sebagai penentu apakah daging merah berbahaya atau tidak.

1. Sumber Daging Merah

Daging merah tidak berbahaya jika kita mendapatkan sumber yang terbaik. Banyak produk daging merah di pasaran seperti sosis, bakso, dan daging meltique yang diproses untuk memiliki tekstur tertentu. Maka dari itu, penting bagi kita untuk pintar memilih daging merah yang berkualitas tinggi dan tidak terkontaminasi bahan kimia berbahaya.

 

BACA JUGA: Waspada! 3 Jenis Daging Olahan Ini Sebabkan Kanker

 

2. Proses Pengolahan

Daging merah yang berkualitas baik bisa menjadi berbahaya jika diolah dengan cara yang salah. Pengolahan yang tidak tepat, seperti memasak dengan suhu tinggi yang menghasilkan senyawa berbahaya, bisa meningkatkan risiko kesehatan.

3. Kuantitas Konsumsi

Makan daging merah dalam jumlah yang wajar adalah kunci. Mengonsumsi makanan sehat sekalipun dalam jumlah berlebihan tetap bisa membawa masalah kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi daging merah dalam porsi yang tepat dan seimbang dengan pola makan sehat lainnya.

 

BACA JUGA: Ini yang Terjadi Sama Tubuh Kalau Kebanyakan Makan Daging, Waspada Ya!

 

Jadi, apakah daging merah berbahaya bagi kesehatan? Jawabannya tergantung pada sumber, proses pengolahan, dan kuantitas konsumsi daging merah tersebut.

Dengan memilih daging merah yang berkualitas, mengolahnya dengan benar, dan mengkonsumsinya dalam porsi yang wajar, kita bisa mendapatkan manfaat kesehatannya tanpa mengorbankan kesehatan kita.

 

Sumber : Interview bersama Dr. Hans Kristian (Dokter, Nutrisionis, dan Konsultan Kesehatan)
Halaman :
1

Ikuti Kami