Tapera Tuai Pro Kontra dari Masyarakat, Begini Tanggapan Presiden Jokowi
Sumber: x.com | MichelAdam7__

News / 28 May 2024

Kalangan Sendiri

Tapera Tuai Pro Kontra dari Masyarakat, Begini Tanggapan Presiden Jokowi

Claudia Jessica Official Writer
595

Tabungan Perumahan Rakyat atau Tapera yang diumumkan baru-baru ini menuai pro kontra dari masyarakat hingga Presiden Jokowi memberi tanggapan.

Pemerintah berencana untuk mewajibkan pekerja yang berusia minimal 20 tahun untuk menjadi peserta tapera dengan potongan gaji sebesar 2,5% untuk membayar iuran Tapera.

Rencana pemerintah memungut iuran Tapera, menuai pro kontra dari masyarakat. Ernest Prakarsa misalnya, ia menuliskan komentar di salah satu unggahan yang memberitakan pemotongan gaji untuk Tapera pada Selasa (28/05). “Apaan sih??” tulis Ernest.

 

BACA JUGA: Gaji PNS-Karyawan Swasta Dipotong 2,5% untuk Iuran Tapera, Berikut Mekanisme & Manfaatnya

 

Tak hanya Ernest, warganet lain juga mengungkapkan perasaan mereka terkait rencana pemerintah untuk memotong gaji pegawai untuk Taper.

“Ga mau, aku udah punya rumah kok” cuit akun @yenzzz_U.

“klo udh pnya rumah gmn? dipotong buat ape?” ujar @nunataekoo.

“Plis, bisa nabung sendiri buat beli rumah. Ga usah aneh-aneh” kata akun @Readybabe123go.

“gaboleh nabung sendiri aja kh” tulis akun @macsako.

Jokowi menyadari bahwa kebijakan tersebut akan menimbulkan pro dan kontra. Dia menyebutkan bahwa situasi serupa juga terjadi saat Program Jaminan Kesehatan Nasional untuk peserta non-penerima bantuan iuran yang dibiayai pemerintah dilaksanakan.

 

BACA JUGA: Pemerintah Tetapkan Potongan Gaji untuk Iuran Tapera, Begini Skema dan Pengelolaan Dananya

 

Jokowi menjelaskan bahwa pada saat itu juga terjadi perdebatan. Namun, setelah program tersebut berjalan dan masyarakat mulai merasakan manfaatnya, semua berjalan dengan lancar.

"Kalau belum memang biasanya ada pro kontra. Seperti dulu BPJS, yang di luar PBI juga ramai. Tapi setelah berjalan dan merasakan manfaatnya, pergi ke rumah sakit tak dipungut biaya, semua berjalan," kata Jokowi saat menghadiri Pelantikan Pengurus GP Ansor 2024-2029 di GBK Jakarta, pada Senin (27/5).

Bagaimana dengan Anda, apakah Anda setuju dengan kebijakan baru pemerintah soal Tapera?

 

Sumber : CNN Indonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami