Tanda-tanda Micro Cheating yang Harus Diperhatikan Agar Tak Jadi Perselingkuhan
Sumber: canva.com

Marriage / 20 May 2024

Kalangan Sendiri

Tanda-tanda Micro Cheating yang Harus Diperhatikan Agar Tak Jadi Perselingkuhan

Claudia Jessica Official Writer
740

Micro cheating adalah perilaku yang tampak sepele namun bisa berkembang menjadi perselingkuhan yang serius. Perilaku ini sering kali dimulai dengan tindakan kecil yang dilakukan secara berulang, hingga lama kelamaan menjadi lebih intens dan menimbulkan perasaan nyaman bagi seseorang yang melakukannya.

Jovita Ferliana, seorang psikolog anak, remaja, dan keluarga serta penulis buku, mengungkapkan tanda-tanda micro cheating yang berpotensi menjadi perselingkuhan.

 

BACA JUGA: Mengenal Micro Cheating, Jenis Perselingkuhan yang Kadang Tidak Disadari

 

Berikut adalah beberapa tanda-tanda micro cheating yang perlu diperhatikan agar tak jadi perselingkuhan:

1. Membalas Pesan Secara Intensif kepada Orang Lain yang Bukan Pasangan

Membalas pesan secara intensif kepada orang lain, terutama di waktu-waktu privasi seperti sebelum tidur atau saat bangun tidur, bisa menjadi tanda micro cheating. Apalagi jika percakapan tersebut semakin sering dan mengandung muatan emosional.

2. Memberikan Pujian atau Perhatian Khusus kepada Orang Lain

Jika seseorang memberikan pujian atau perhatian khusus kepada orang lain yang bukan pasangannya, hal ini juga bisa menjadi indikasi micro cheating. Awalnya mungkin hanya membahas soal pekerjaan, namun jika berlanjut ke topik yang lebih personal dan menimbulkan perasaan suka, maka ini bisa menjadi masalah.

 

BACA JUGA: Krisis Usia 40-an, Mengapa Perselingkuhan Sering Terjadi di Usia Ini?

 

3. Berfantasi tentang Orang Lain

Berfantasi tentang orang lain yang bukan pasangan adalah bentuk micro cheating yang sering kali tidak disadari. Meskipun tidak ada tindakan fisik, fantasi ini bisa merusak hubungan.

4. Kontak Fisik yang Berlebihan dengan Orang Lain

Melakukan kontak fisik seperti merangkul atau memegang tangan orang lain yang bukan pasangan juga termasuk micro cheating. Kontak fisik ini bisa menimbulkan kedekatan emosional yang berpotensi berkembang menjadi perselingkuhan.

5. Terlalu Sering Mengantar Jemput dan Makan Bersama Orang Lain

Sering mengantar jemput atau makan bersama orang lain tanpa sepengetahuan pasangan bisa membuka peluang untuk micro cheating. Selama perjalanan atau makan bersama, pembicaraan bisa mengarah ke hal-hal pribadi, menimbulkan rasa ketertarikan, atau bahkan perasaan iba dan kasihan yang kemudian berkembang menjadi rasa ingin melindungi.

Jika aktivitas seperti ini dilakukan secara rutin, rasa rindu bisa muncul ketika tidak dilakukan lagi. Hal ini menandakan bahwa perhatian yang seharusnya ditujukan pada pasangan kini tertuju pada orang lain.

 

BACA JUGA: Cara Menjaga Hubungan Harmonis, Dijauhkan dari Selingkuh

 

Micro cheating bisa menjadi awal dari perselingkuhan yang lebih serius. Oleh karena itu, penting untuk menyadari dan mengenali tanda-tanda ini agar bisa diantisipasi dan dicegah.

Hubungan yang sehat memerlukan komitmen dan kesetiaan dari kedua belah pihak, sehingga menjaga batasan-batasan dalam interaksi dengan orang lain sangatlah penting.

 

Sumber : Jovita Maria Ferliana
Halaman :
1

Ikuti Kami