Bagaimana Cara Memaafkan Orang Tua Atas Luka yang Mereka Berikan di Hati Kita?
Sumber: Pexels | RDNE Stock project

Parenting / 10 April 2024

Kalangan Sendiri

Bagaimana Cara Memaafkan Orang Tua Atas Luka yang Mereka Berikan di Hati Kita?

Claudia Jessica Official Writer
730

Oleh karena itu, marilah kita belajar untuk memaafkan orang tua dan mencapai pemulihan hubungan. Ketahuilah bahwa mungkin mereka juga tidak ingin menyakiti hati Anda.

Serahkan semuanya pada tangan Tuhan dan marilah kita mengambil langkah untuk memulihkan hubungan orang tua dan anak ini.

1. Sadarilah bahwa Tuhan menggunakan orang tua untuk menajamkan kita

Merujuk pada kisah Yusuf dimana ia dijual oleh saudara-saudaranya sebagai budak ke Mesir, Yusuf melewati sisa masa kanak-kanak dan awal dewasanya sendirian.

Namun, karena sudah ditempatkan seperti ini, akhirnya Tuhan menggunakan Yusuf untuk menyelamatkan Mesir dan wilayah sekitarnya dari kelaparan yang melanda.

Kemudian, Yusuf bertemu kembali dengan saudara-saudaranya dan mengalami perdamaian.

2. Doakan mereka dan ketahuilah bahwa mereka juga terluka

Alkitab memerintahkan kita untuk berdoa, orang tua kita juga memenuhi kriteria terseut. Kita harus tahu bahwa orang yang tersakiti seringkali kembali menyakiti.

Mungkin saja kita adalah jalan bagi orang tua kita untuk mengalami pertobatan di dalam Yesus Kristus.

3. Hadapi mereka dengan penuh kasih

Orang tua adalah manusia. Mereka tidak sempurna dan memiliki peluang untuk melakukan kesalahan. Firman Tuhan dalam Matius 18:15 memerintahkan kita untuk menemui mereka yang berbuat salah dan mengingatkannya.

Bicaralah secara terbuka tentang bagaimana mereka telah menyakiti Anda, dan lepaskanlah pengampunan untuk mencapai rekonsiliasi.

4. Rekonsiliasi melibatkan dua pihak

Anda mungkin telah mencoba berbagai cara untuk berdamai dengan orang tua, tetapi mereka mungkin menolaknya. Mugkin mereka menolak untuk mengakui rasa sakit hati yang mereka buat pada Anda sebagai orang tua.

Dalam kasus tersebut, teruslah berdoa dengan sungguh-sungguh agar Tuhan menyentuh hati mereka.

Tidak ada orang tua yang sempurna.

Alkitab mendorong kita untuk mengampuni orang telah menyakiti kita, sekalipun mereka adalah orang tua kita sendiri. Pengampunan adalah hal yang perlu kita lakukan, tetapi rekonsiliasi membutuhkan partisipasi kedua pihak.

Apa pun yang terjadi saat kita mengulurkan tangan untuk meminta maaf, kita tahu bahwa Tuhan mempunyai rencana bagi hubungan kita dengan orang tua kita.

Jika Anda membutuhkan bimbingan lebih lanjut untuk melepaskan pengampuni dan mengalami rekonsiliasi, hubungi Layanan Doa dan Konseling CBN melalui WhatApp di nomor 0822-1500-2424 atau klik di sini.

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami