Waspada Modus Penipuan Segitiga, Mahasiswa Ini Rugi Belasan Juta! Gimana Cara Hindarinya?
Sumber: canva.com

Finance / 25 March 2024

Kalangan Sendiri

Waspada Modus Penipuan Segitiga, Mahasiswa Ini Rugi Belasan Juta! Gimana Cara Hindarinya?

Claudia Jessica Official Writer
975

Semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak pula pihak yang menyalahgunakannya untuk kepentingan pribadi. Misalnya dengan melakukan modus penipuan segitiga.

Seorang mahasiswa membagikan pengalamannya mengalami kerugian hingga belasan juta rupiah usai ditipu dengan modus penipuan segitiga.

Melalui akun TikTok-nya, pengguna dengan username @nocturn000 menceritakan niatnya untuk membeli sebuah kamera namun berujung ditipu.

Penipuan ini melibatkan tiga pihak, di mana pelaku penipuan menciptakan gambaran transaksi yang sah antara ketiga pihak tersebut.

Biasanya penipu akan menjalani dua peran sebagai pembeli sekaligus penjual. Penipu akan mengemban peran penjual kepada pembeli yang sesungguhnya dan menjadi pembeli kepada penjual asli untuk medapatkan hal yang ia butuhkan demi meyakinkan pembeli asli.

Untuk menghindari penipuan dengan metode segita ini, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan:

1. Biaya Awal

Penipu dengan metode segitiga biasanya meminta biaya di awal sebelum memberikan hal yang diinginkan pembeli demi mendapatkan keuntungan pribadi.

2. Tekanan untuk Bertindak Cepat

Selain meminta biaya di awal, penipu juga biasanya memberikan tekanan kepada pembeli untuk segea mengambil keputusan pembelian.

3. Informasi yang Kabur

Tak jarang penipu metode segitiga memberikan skema investasi terbatas yang terkesan tidak jelas atau kabur.

4. Tidak Ada Produk atau Layanan yang Jelas

Tidak ada penjelasan yang jelas mengenai produk atau layanan yang ditawarkan.

5. Tidak Ada Pihak Ketiga yang Menjamin Transaksi

Transaksi dengan metode segitiga biasanya tidak melibatkan pihak ketiga sebagai penjamin sehingga mudah bagi penipu untuk mengelabui pembeli.

Cara Menghindari Penipuan Segitiga

Untuk menghindari menjadi korban penipuan segitiga, berikut beberapa langkah yang dapat diambil:

1. Periksa Identitas Penjual

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa identitas penjual secara cermat. Pastikan untuk mencari informasi tentang penjual, seperti alamat, nomor kontak, dan ulasan dari pembeli sebelumnya.

Periksa juga apakah penjual tersebut memiliki situs web atau platform jual-beli yang terpercaya. Hindari melakukan transaksi dengan penjual yang identitasnya tidak jelas atau tidak dapat diverifikasi.

2. Bertemu Penjual Secara Langsung

Jika memungkinkan, usahakan untuk bertemu langsung dengan penjual sebelum melakukan transaksi. Pertemuan ini dapat dilakukan di tempat yang nyaman dan aman, seperti kantor polisi atau pusat perbelanjaan yang ramai.

Dengan bertemu langsung, Anda dapat memastikan bahwa penjual tersebut adalah orang yang sebenarnya dan barang yang ditawarkan sesuai dengan deskripsi.

3. Lakukan Pengecekan Barang yang Dibeli

Sebelum melakukan pembayaran, pastikan untuk melakukan pengecekan terhadap barang yang akan dibeli. Mintalah penjual untuk menunjukkan barang secara langsung atau meminta foto-foto barang tersebut dengan detail yang jelas.

Periksa kondisi barang, spesifikasi, dan keaslian produk tersebut. Jika ada keraguan atau ketidaksesuaian dengan deskripsi, segera batalkan transaksi tersebut.

4. Jika Menggunakan Rekening Pribadi, Lakukan Tanpa Perantara

Jika Anda menggunakan rekening pribadi untuk melakukan pembayaran, pastikan untuk melakukan transaksi secara langsung tanpa melalui perantara. Hindari memberikan informasi rekening kepada pihak ketiga atau mengirimkan uang melalui transfer yang tidak langsung terhubung dengan transaksi pembelian.

Hal ini dapat mengurangi risiko penipuan dan memastikan bahwa pembayaran Anda langsung diterima oleh penjual yang sah.

Menghindari penipuan metode segitiga membutuhkan kehati-hatian dan kewaspadaan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan Anda dapat melindungi diri dan aset Anda dari modus penipuan yang merugikan ini.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami