Doa Adalah Kekuatan
Kalangan Sendiri

Doa Adalah Kekuatan

Lori Official Writer
      1143

Ayat Renungan:

1 Tesalonika 5: 17, “Tetaplah berdoa.”

Kolose 4: 2, "Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga-jagalah sambil mengucap syukur."

 

Kalau doa bukan kekuatan, maka Tuhan Yesus tidak akan menjadikan dirinya sebagai model. Bahkan dengan kekuatan, kepintaran, pengetahuan, pengalaman dan status-Nya sebagai Anak Allah, Dia bisa saja melakukan apa saja tanpa harus mengambil waktu dan berdoa mendengarkan tuntunan Bapa-Nya di surga.

Tetapi Tuhan tahu betul kunci dari seluruh kemenangan-Nya untuk mendapatkan kekuatan, mendownload hikmat, untuk berdiam diri dan mengizinkan Bapa-Nya menuntun Dia, yaitu melalui doa.

Firman Tuhan dalam 1 Tesalonika 5: 17, berkata “Tetaplah berdoa.” Sebegitu pentingnya berdoa sehingga hal ini diingatkan kepada semua anak-anak Tuhan agar kita selalu berdoa. Doa harus menjadi bagian dari hidup kita karena doa bisa menjagai kita dari berbagai perasaan negatif seperti kegalauan, kebimbangan, ketakutan dan ketidakpastian. Semua keadaan yang mengombang-ambingkan kita hanya bisa diredam dengan doa. 

Ada banyak sekali manfaat dari doa dan beberapa diantaranya adalah:

1. Doa akan membuat kita mendapatkan tuntunan Tuhan atas hidup kita. Di kehidupan ini ada banyak sekali yang perlu kita terobos dan tinggalkan. Namun tanpa meminta tuntunan atau instruksi dari Tuhan, kita pasti gagal! 

2. Doa menjadi sumber kekuatan kita. Saat kekuatan kita kandas dan iman kita lemah, doa menjadi sumber kekuatan yang bisa membangkitkan dan menguatkan iman kita. Kekuatan sangat dibutuhkan untuk setiap orang bisa menghadapi berbagai macam persoalan dalam hidupnya. Kekuatan kita memang terbatas, tetapi kekuatan Allah tidak terhingga. Karena itu kita perlu berdoa dan mendownload kekuatan baru dari Tuhan.

"Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga-jagalah sambil mengucap syukur." (Kolose 4: 2)

 

3. Doa mendatangkan hikmat. Raja Salomo tidak meminta apa-apa kepada Tuhan selain daripada hikmat. Hikmat menolong kita mengerjakan apapun dengan sukses. 

Doa adalah jembatan bagi kita untuk menjalani hidup kita. Ada banyak orang yang berhikmat dan cerdas, namun tanpa kuasa Allah semua itu sia-sia.

 

Action: Ambil 2 menit untuk mengucap syukur kepada Tuhan, kemudian mintalah 3 hal spesifik yang Dia taruhkan dalam hatimu untuk kamu doakan setiap hari sepanjang minggu ini.

Ayat Hafalan: Bilangan 6: 24-26, “TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau; TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.”

Hak cipta @Maria Kaesmetan

Ikuti Kami