Ayat Alkitab yang Berbicara Tentang Pengampunan dan Mengampuni Diri Sendiri
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 14 March 2024

Kalangan Sendiri

Ayat Alkitab yang Berbicara Tentang Pengampunan dan Mengampuni Diri Sendiri

Claudia Jessica Official Writer
784

Secara garis besar, firman Tuhan di Alkitab menekankan pada kasih, pengharapan, penebusan, dan pertobatan. Namun, topik pengampunan sangat menarik perhatian, terutama di masa menuju hari kebangkitan Yesus Kristus.

Tentu semua orang Kristen tahu bahwa Yesus mati di kayu salib untuk menebus dosa-dosa kita. Peristiwa itu menjadi sejarah umat manusia.

Selain kematian dan kebangkitan Yesus Kristus, pengampunan juga hadir dalam berbagai bentuk. Alkitab mencatat firman Tuhan memanggil kita, umat manusia untuk saling mengampuni. Selain mengampuni sesama, kita juga harus mengampuni diri kita sendiri. Allah telah mengampuni dosa-dosa kita, maka kita juga harus melepaskan belenggu dosa yang ada pada kita.

Ketika kita menelusuri pengampunan dalam Alkitab, berikut adalah beberapa ayat Alkitab yang berbicara tentang pengampunan dan penebusan:

Ayat Alkitab tentang Pengampunan

Yeremia 31: 34 “Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka.”

 

 

BACA JUGA: Belajar Arti Mengampuni Dari Perumpamaan Hamba Yang Jahat

 

Kolose 3: 13 “Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.”

Kisah Para Rasul 2: 38 “Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.””

Daniel 9: 9 “Pada Tuhan, Allah kami, ada kesayangan dan keampunan, walaupun kami telah memberontak terhadap Dia.”

Matius 6: 14 “Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.”

Lukas 22: 34 “Tetapi Yesus berkata: “Aku berkata kepadamu, Petrus, hari ini ayam tidak akan berkokok, sebelum engkau tiga kali menyangkal, bahwa engkau mengenal Aku.””

Efesus 4: 31-32 “Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.”

Mazmur 32:1 – “Berbahagialah orang yang diampuni pelanggarannya, yang dosanya ditutupi!”

 

BACA JUGA: 25 Ayat Alkitab yang Berbicara Tentang Pertobatan dan Pengampunan

 

Kisah Para Rasul 3: 19 “Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan.”

Roma 12:20 “Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya.”

Pengampunan menjadi aspek dasar dari iman orang Kristen. Dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, Tuhan digambarkan sebagai sosok yang penuh belas kasih dan pemafaaf. Tuhan telah memberikan teladan ini untuk kita, maka kita juga harus memberikan pengampunan kepada orang lain.

Sementara di Perjanjian Baru, Tuhan mengajarkan kita tentang pentingnya mengampuni orang lain seperti yang tertulis dalam Doa Bapa Kami.

Pengampunan adalah inti dari pesan Alkitab yang mampu mendorong kita mengalami rekonsiliasi, kasih sayang, juga kuasa kasih karunia Allah. Yuk mulai langkah Anda dengan melepaskan pengampunan untuk diri sendiri. Jika Anda bingung bagaimana melepaskan pengampunan, Anda bisa menghubung Layanan Doa dan Konseling CBN yang siap membantu Anda. Hubungi: 0822-1500-2424 atau klik tombol ini.

 

BACA JUGA: Apakah Tuhan Mengampuni Semua Dosa Kita? Yang Sudah Lalu dan di Masa Datang?

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami