Palangka Raya, Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Perayaan Paskah Nasional 2024
Sumber: kalteng.go.id

News / 9 February 2024

Kalangan Sendiri

Palangka Raya, Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Perayaan Paskah Nasional 2024

Claudia Jessica Official Writer
1746

Pelaksana Tugas (Plh.) Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) dari Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Herson B. Aden, menghadiri acara Pentahbisan Panitia Paskah Nasional Tahun 2024. Acara ini berlangsung di Hotel Luwansa, Palangka Raya, pada Kamis malam tanggal 18 Januari 2024.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Plh. Asisten Pemkesra, Herson B. Aden, Gubernur Kalimantan Tengah menyampaikan kebanggaannya atas penunjukan provinsi tersebut sebagai tuan rumah untuk perayaan puncak Paskah Nasional Tahun 2024.

Pemilihan Kota Palangka Raya sebagai lokasi acara merupakan suatu kehormatan, dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sepenuhnya mendukung dan menyambut baik berbagai perayaan keagamaan, termasuk Perayaan Paskah Nasional ini.

 

BACA JUGA: Tema Paskah PGI 2024, Berikut Ayat Alkitab yang Dipilih

 

"Kepercayaan tersebut harus benar-benar kita tunaikan sebaik-baiknya, dengan mempersiapkan secara serius dan matang seluruh rangkaian acara Perayaan Paskah Nasional, apalagi acara ini direncanakan mengundang Bapak Presiden RI," ujarnya.

Selain itu, ia memberikan pesan kepada seluruh panitia yang telah dilantik untuk bekerja secara sinergis dalam waktu yang tersisa beberapa bulan, agar semua tugas dan kegiatan terlaksana dengan lancar dan sukses, mengingat kompleksitas acaranya.

"Panitia Paskah Nasional ini tentu tidak bisa bekerja sendiri, untuk itu perlu kerjasama semua elemen di Kalimantan Tengah, untuk bersama-sama mendukung penyelenggaraan event nasional ini," tambahnya.

Herson menutup sambutannya dengan mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjadikan Perayaan Paskah Nasional ini sukses, serta menjadikan Kalimantan Tengah sebagai tuan rumah yang ramah dan hangat bagi seluruh peserta dari berbagai daerah di Indonesia, dengan harapan akan meningkatkan citra Bumi Tambun Bungai Bumi Pancasila.

 

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Ditemukan Tempat Perjamuan Terakhir Tuhan Yesus dan 12 Murid-Nya

 

Di sisi lain, Ketua Persekutuan Gereja-Gereja dan Lembaga-Lembaga Injili Indonesia (PGLII) Kalimantan Tengah, yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia, Pendeta Maruba Rajagukguk, menjelaskan bahwa pelantikan Panitia Perayaan Paskah Nasional seharusnya dilakukan pada bulan November 2023, namun karena berbagai kendala, acara ini diundur dan dilaksanakan pada tanggal tersebut.

Ia juga menyebutkan bahwa Perayaan Paskah Nasional Tahun 2024 direncanakan akan dilaksanakan di lapangan, dengan opsi lokasi indoor maupun outdoor. Namun, keputusan akhir akan bergantung pada kondisi pasca-Pilpres, dengan harapan agar situasi di Indonesia, khususnya di Palangka Raya, tetap kondusif tanpa gangguan yang serius yang dapat mengganggu kelancaran acara besar ini.

"Kami sangat mengharapkan bantuan dan dukungan terutama Pemerintah Prov. Kalteng, dalam pemakaian gedung atau tempat supaya ijin-ijin yang diperlukan dapat dibantu, sehingga kita bersama-sama bisa melaksanakan kegiatan ini dengan maksimal," ungkapnya.

Sementara itu, dalam sambutan singkat, Ketua PGLII Pusat, Pendeta Ronny Mandang, mengungkapkan bahwa Perayaan Paskah Nasional telah diselenggarakan dua kali sebelumnya, yaitu pada tahun 2022 di Talaud yang diselenggarakan oleh PGI dan tahun 2023 di Kota Manokwari, Papua Barat, dengan PGPI sebagai tuan rumah, sementara tahun 2024 akan diselenggarakan di Palangka Raya dengan PGLII sebagai tuan rumah.

 

BACA JUGA: Mengapa Umat Kristiani Merayakan Hari Pentakosta? 5 Hal Luar Biasa yang Wajib Diketahui

 

Ronny mengakhiri sambutannya dengan mengucapkan terima kasih atas perhatian, dukungan, dan kerjasama semua pihak, yang memungkinkan pelaksanaan Perayaan Paskah Nasional Tahun 2024 pada akhir Maret mendatang.

"Kami bersyukur dan berterima kasih atas perhatian, dukungan dan kerjasama semua pihak, sehingga pada akhir Maret nanti akan diselenggarakan Paskah Nasional Tahun 2024," ucapnya.

Acara ini dihadiri oleh anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kalimantan Tengah, perwakilan dari Forum Umat Kristen Indonesia (FUKRI), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah beserta Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Kristen, Ketua Lembaga Pengembangan dan Pelayanan Dakwah (LPPD) Kalimantan Tengah, serta pemimpin gereja-gereja di Kalimantan Tengah.

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami