Catat! 9 Kelompok Orang Ini Sebaiknya Gak Minum Kopi Lagi Kalau Mau Sehat
Sumber: canva.com

Health / 6 February 2024

Kalangan Sendiri

Catat! 9 Kelompok Orang Ini Sebaiknya Gak Minum Kopi Lagi Kalau Mau Sehat

Claudia Jessica Official Writer
932

7. Orang dengan Kondisi Jantung Tertentu

Kafein dalam kopi bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung secara sementara. Penelitian yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition menyimpulkan bahwa kafein bisa menyebabkan lonjakan tekanan darah dalam jangka pendek. Namun, belum ada cukup bukti tentang dampak jangka panjang pada tekanan darah atau kesehatan jantung.

Oleh karena itu, penting bagi mereka yang memiliki masalah jantung untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan mereka mengenai jumlah kopi yang aman untuk dikonsumsi.

8. Orang yang Memiliki Gangguan Tidur

Efek samping kafein termasuk membuat seseorang tetap terjaga. Oleh karena itu, bagi mereka yang memiliki gangguan tidur atau insomnia, disarankan untuk tidak mengkonsumsi kafein berlebihan, terutama menjelang waktu tidur.

Menurut Sleep Foundation, sebaiknya hindari kafein setidaknya enam jam sebelum tidur. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan bahwa kafein yang dikonsumsi bahkan enam jam sebelum tidur dapat mengganggu pola tidur seseorang.

9. Wanita Hamil dan Menyusui

American College of Obstetrics and Gynecology merekomendasikan agar wanita hamil membatasi konsumsi kafein hingga 200 miligram per hari (sekitar dua cangkir kopi) untuk mengurangi risiko keguguran, persalinan prematur, dan berat badan lahir rendah.

Namun, sebuah ulasan pada tahun 2020 yang diterbitkan di British Journal of Medicine menyatakan bahwa tidak ada tingkat konsumsi kafein yang aman selama kehamilan. Oleh karena itu, penting bagi wanita hamil untuk berdiskusi dengan dokter mereka mengenai asupan kafein.

Selain itu, wanita yang menyusui juga disarankan untuk mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi kafein. Kafein adalah zat stimulan dan diuretik, yang bisa menyebabkan dehidrasi pada ibu menyusui.

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami