Sunyinya Perayaan Natal di Betlehem, Berikut Pesan Natal dari Bethlehem
Sumber: CNN Indonesia

News / 25 December 2023

Kalangan Sendiri

Sunyinya Perayaan Natal di Betlehem, Berikut Pesan Natal dari Bethlehem

Claudia Jessica Official Writer
2179

Betlehem, sebuah kota yang berkaitan erat dengan kelahiran Yesus Kristus, kini mengalami perubahan suasana yang mencolok dalam perayaan Natal. Betlehem yang terletak di Tepi Barat Palestina, kota ini sering menjadi pusat perhatian dunia ketika Natal tiba.

Namun, di tahun 2023 ini, suasana perayaan Natal di Betlehem sangat berbeda dari yang kita kenal. Perang antara Israel dan Hamas menjadi alasan dari perubahan suasana Natal yang biasanya meriah, menjadi sunyi.

 

BACA JUGA: Selain Karena Perang, Natal di Betlehem Juga Pernah Sepi Karena Alasan Ini

 

Manger Square, yang biasanya dipenuhi hiasan pohon cemara dan dibanjiri wisatawan serta peziarah dari seluruh dunia, kini terlihat sepi. Akses ke kota ini ditutup otomatis karena perang yang terjadi antara Israel-Hamas, membuatnya sulit dijangkau oleh wisatawan atau warga yang hendak merayakan Natal.

Gereja-gereja di Betlehem juga turut merasakan dampaknya. Hiasan Natal yang biasanya memeriahkan kota digantikan oleh patung-patung tradisional yang menggambarkan keluarga suci. Simbol ini, ditempatkan di tengah puing-puing dan kawat berduri, menjadi ekspresi solidaritas terhadap masyarakat Gaza yang mengalami konflik.

 

BACA JUGA: 5 Fakta Tersembunyi dari Kota Kelahiran Yesus Betlehem

 

Pastor Ibrahim Faltas, seorang biarawan yang hadir pada acara vigili Natal, Minggu (24/12/2023), menyampaikan pesan penting dari Betlehem, katanya, “Betlehem adalah sebuah pesan. Ini bukan sebuah kota, ini adalah pesan perdamaian bagi seluruh dunia. Dari tempat suci ini kami menyampaikan pesan perdamaian... hentikan perang, hentikan pertumpahan darah, pembunuhan dan balas dendam.”

Pesan natal dari Betlehem ini mengingatkan kita akan pentingnya menyebarluaskan seruan perdamaian di tengah konflik yang tejadi di Palestina. Perayaan Natal di kota ini tidak hanya menjadi peringatan kelahiran Yesus, tetapi juga menjadi seruan untuk mengakhiri konflik dan merangkul perdamaian.

 

BACA JUGA: 3 Sebutan yang Disematkan Kepada Bayi yang Lahir di Betlehem

Sumber : CNN Indonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami