Senyapnya Perayaan Natal di Kota Kelahiran Yesus Betlehem

Senyapnya Perayaan Natal di Kota Kelahiran Yesus Betlehem

Lori Official Writer
859

Seperti perayaan Natal setiap tahunnya, kota kelahiran Yesus Kristus Betlehem juga sudah berbenah diri menyambut perayaan Natal 2021.

Hal ini bisa dilihat dari berdirinya pohon Natal raksasa di Alun-alun Manger Betlehem, yang berlokasi diantara Gereja Nativity dan Masjid yang perbatasan wilayah Palestina dan Israel.

Meski begitu, perayaan Natal 2021 masih tampak sepi. Mengingat kota ziarah berbagai keyakinan ini mengalami kelesuan setelah diterjang pandemi selama dua tahun terakhir.

Seperti diketahui, varian Omicron yang baru muncul kembali menjadi penghambat bagi kota wisata ini untuk dibuka bagi wisatawan asing. Pemerintah setempat bahkan sudah mengeluarkan aturan untuk menghentikan kunjungan sementara ke Israel dan Palestina sejak Senin, 29 November 2021 lalu.

Jika aturan ini masih terus diterapkan hingga akhir Desember, maka Natal di kota kelahiran Yesus ini hanya akan bisa disaksikan secara online saja. 

 

Baca Juga: Perayaan Natal di Betlehem Mulai 1 Desember Ditandai Penyalaan Lampu Pohon Natal Raksasa

 

Nuansa Natal di Betlehem

Setiap tahunnya, perayaan Natal di Betlehem dipenuhi dengan para turis dari berbagai negara. Biasanya perayaan Natal ini dipusatkan di Gereja Nativity, tempat kelahiran Yesus.

Jadi tak heran jika di depan gereja biasanya komunitas Kristen Yerusalem akan mendirikan pohon Natal raksasa. Upacara pendirian pohon Natal ini biasanya dilakukan setiap awal Desember.

Gereja Kelahiran Yesus ini sendiri mengadakan beragam ibadah penyambutan Natal. Seperti misa di tengah malam pada tanggal 24 Desember. 

Sementara para pedagang akan menjajakan barang dagangan di Pasar Natal sejak 2 hingga 12 Desember.

Tak ketinggalan, biasanya warga di kota kelahiran Yesus juga mendirikan pohon Natal tertinggi. Bahkan untuk menciptakan keramaian Natal dan menarik wisatawan, mereka mengadakan tur bertema Natal dengan mengitari Nazareth, pintu gerbang menuju wilayah Galilea Utara, menuju pasar Natal hingga 11 Desember. 

 

Baca Juga: Prosesi Natal yang Khidmat di Betlehem

 

Sementara puncak perayaan Malam Natal, akan diwarnai denga parade di pusat kota dan pertunjukan kembang api dan festival meriah yang diwarnai dengan tarian, musik, seni dan kuliner.

Kita berharap tentunya supaya kondisi kota Betlehem yang sedang sunyi senyap dari pengunjung tidak mengurangi sukacita Natal di kota bersejarah ini.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami