Jangan Sampai Bocor! Ikuti 7 Cara Mengelola THR Yang Lebih Bermanfaat untuk Hidup Anda Ini
Sumber: jawaban.com

Finance / 11 December 2023

Kalangan Sendiri

Jangan Sampai Bocor! Ikuti 7 Cara Mengelola THR Yang Lebih Bermanfaat untuk Hidup Anda Ini

Claudia Jessica Official Writer
1567

5. Stop belanja jika sudah mencapai limit anggaran

Di poin pertama telah disebutkan untuk membuat anggaran untuk keinginan atau belanja. Jika belanjaan Anda sudah mencapai limit anggaran, segera hentikan kegiatan belanja. Hal ini dilakukan untuk mencegah kebocoran anggaran dan membantu Anda untuk menghindari menghabiskan THR secara berlebihan.

Jika Anda sudah mencapai anggaran, sebaiknya segera keluar dari toko dan kembali ke rumah. Jangan tergoda untuk membeli barang-barang lain, walaupun barang tersebut terlihat menarik.

6. Sisihkan sebagian THR untuk tabungan atau investasi

Selain untuk berbelanja, THR juga bisa Anda sisihkan untuk tabungan atau investasi. Tabungan atau investasi akan membantu Anda untuk mempersiapkan masa depan, seperti dana pensiun, dana pendidikan anak, atau dana untuk membeli rumah.

Saya pribadi memilih untuk menganggarkan uang THR untuk ditabung dengan presentasi lebih besar karena kebutuhan untuk sehari-hari telah dianggarkan melalui gaji bulanan. Maka, Anda bisa menyisihkan sebagian THR Anda untuk tabungan atau investasi, misalnya sebesar 50% atau 75%. Sisa THR tersebut bisa Anda gunakan untuk berbelanja atau keperluan lainnya.

7. Mengucap syukur

Hal pertama yang saya lakukan setelah mendapatkan THR atau bonus adalah menyisihkannya sebesar 10% untuk mengucap syukur atas berkat yang Tuhan berikan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menyumbangkan THR Anda ke tempat-tempat pelayanan seperti gereja, instansi yang bekerja untuk pelayanan, atau lembaga sosial yang membutuhkan bantuan seperti panti asuhan, panti jompo, atau rumah sakit. Anda juga bisa memberikannya kepada saudara-saudara yang kurang mampu.

Dengan memberi, Anda bisa berbagi kebahagiaan dan membuat dunia menjadi lebih baik. Anda juga bisa mengajarkan anak-anak Anda untuk bersyukur atas apa yang mereka miliki.

Melalui tips-tips di atas, saya berharap Anda bisa mengelola THR dengan lebih bijak dan tidak mengalami kebocoran anggaran THR. Alih-alih membuatnya hilang dalam sekejap, tips di atas membantu Anda mengelola THR menjadi lebih bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami