Masuk Musim Hujan, Waspada dengan 5 Penyakit Menular Ini
Sumber: Canva.com

Health / 5 December 2023

Kalangan Sendiri

Masuk Musim Hujan, Waspada dengan 5 Penyakit Menular Ini

Aprita L Ekanaru Official Writer
632

Musim hujan telah tiba di Indonesia, ditandai oleh curah hujan deras dan merata di berbagai daerah. Meski membawa berkah bagi petani, musim ini juga menyimpan risiko kesehatan yang perlu diwaspadai.

Genangan air dapat menjadi sarang nyamuk penyebab penyakit menular. Selain itu, kelembaban tinggi memicu pertumbuhan jamur dan bakteri, meningkatkan risiko infeksi saluran pernapasan. Oleh karena itu, masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap kebersihan lingkungan dan kesehatan pribadi selama musim hujan ini. Upaya pencegahan dan perhatian terhadap kesehatan dapat membantu mengurangi dampak negatif musim hujan.

 

BACA JUGA: 7 Langkah Agar Tetap Sehat Sepanjang Musim Hujan

 

Salah satu risiko kesehatan yang perlu diwaspadai saat musim hujan adalah penyakit menular. Beberapa penyakit menular yang sering terjadi saat musim hujan antara lain:

1. Influenza

Influenza atau flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Virus ini dapat menyebar melalui udara, melalui droplet dari batuk atau bersin orang yang terinfeksi, atau melalui sentuhan dengan benda yang terkontaminasi virus influenza.

Gejala influenza yang umum terjadi antara lain demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan nyeri otot. Gejala-gejala tersebut biasanya muncul secara tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa hari.

 

2. Demam Berdarah (DBD)

DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini biasanya berkembang biak di tempat-tempat yang lembap dan kotor, seperti genangan air, bak mandi, dan tempat penampungan air lainnya.

Gejala DBD yang umum terjadi antara lain demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot dan persendian, mual dan muntah, serta ruam merah pada kulit. DBD dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti perdarahan internal, gagal ginjal, dan kematian.

 

3. Diare

Diare adalah penyakit yang ditandai dengan buang air besar (BAB) lebih dari tiga kali sehari dengan konsistensi feses yang encer. Diare dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara lain infeksi bakteri, virus, atau parasit.

Gejala diare yang umum terjadi antara lain BAB encer, kram perut, mual, dan muntah. Diare dapat menyebabkan dehidrasi, terutama pada anak-anak dan orang lanjut usia.

 

4. Penyakit Kulit

Musim hujan yang lembap dan panas dapat menjadi tempat yang ideal bagi pertumbuhan jamur dan bakteri penyebab infeksi kulit. Beberapa penyakit kulit yang sering terjadi saat musim hujan antara lain:

  • Kurap
  • Panu
  • Kutu air
  • Tinea pedis
  • Tinea cruris

 

5. Leptospirosis

Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira yang ditularkan melalui kontak dengan air atau tanah yang terkontaminasi urine hewan yang terinfeksi.

Gejala leptospirosis yang umum terjadi antara lain demam, sakit kepala, nyeri otot, mual dan muntah, serta ruam merah pada kulit. Leptospirosis dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti gagal ginjal, meningitis, dan kematian.

 

Untuk mencegah penularan penyakit-penyakit tersebut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain:


1. Menjaga kebersihan diri

Menjaga kebersihan diri merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah penularan penyakit. Hal ini dapat dilakukan dengan cara:

  • Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara teratur, terutama sebelum makan, setelah BAB, dan setelah memegang hewan.
  • Mandi secara teratur.
  • Memakai alas kaki saat beraktivitas di luar ruangan.
  • Menghindari kontak dengan air hujan. Hindari kontak dengan air hujan, terutama jika air hujan tersebut terkontaminasi dengan kotoran. Jika terpaksa harus kontak dengan air hujan, segera ganti pakaian dan mandi bersih.

 

BACA JUGA: Musim Hujan Datang, Waspada 6 Penyakit Ini Sering Menyerang

 

2. Melakukan vaksinasi

Vaksinasi merupakan salah satu cara yang efektif untuk mencegah penularan penyakit. Beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi antara lain influenza, DBD, dan hepatitis A.

Dengan menjaga kebersihan diri, menghindari kontak dengan air hujan, dan melakukan vaksinasi, kita dapat terhindar dari penyakit-penyakit menular yang sering terjadi saat musim hujan.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami