7 Langkah Agar Tetap Sehat Sepanjang Musim Hujan

Health / 16 November 2022

Kalangan Sendiri

7 Langkah Agar Tetap Sehat Sepanjang Musim Hujan

Lori Official Writer
355

Memasuki musim penghujan pasti menjadi tantangan bagi kesehatan kita. Umumnya banyak orang yang akan terkena flu dan batuk karena tubuh mengalami termoregulasi untuk menyesuaikan diri dengan suhu dan iklim yang baru.

Jika Anda tidak ingin jatuh sakit, maka diperlukan upaya pencegahan terbaik. Salah satunya menjaga pola makan dan menyesuaikan pakaian yang baik untuk menjaga tubuh tetap hangat. 

Ada 7 cara yang bisa dilakukan untuk tetap sehat sepanjang musim hujan.

1. Konsumsi makanan sehat

Mulailah mengkonsumsi makanan seimbang seperti biji-bijian, daging tanpa lemak, ikan, unggas, kacang-kacangan, olahan minuman rempah-rempahan, sayuran hijau dan buah-buahan. Daftar makanan ini berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

 

2. Olahraga Teratur

Bergerak atau olahraga menjadi aspek penting untuk menjaga kebugaran tubuh sepanjang musim dingin. Rutinitas harian seperti jogging atau nge-gym bisa sangat membantu untuk membuat tubuh tetap hangat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit musiman seperti flu dan batuk.

 

Baca Juga: Cegah Diare Saat Musim Hujan Tiba dengan Cara Ini

 

3. Merawat kesehatan kulit

Saat suhu dingin, kulit biasanya akan mengalami pecah-pecah dan kering. Karena itu pentin untuk merawat kesehatan kulit, termasuk dengan memakai pelembab kulit, krim pelindung dan mengkonsumsi air lebih banyak.

 

4. Minum air hangat

Air dingin dan es menjadi pemicu penyakit flu dan batuk saat musim penghujan. Saat cuacanya sedang dingin, ada baiknya menghangatkan tubuh dengan segelas air putih hangat, minuman rempah atau teh.

 

5. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup sangat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, menghilangkan hormone stress kortisol dan membakar kalori. Jadi, pastikan untuk tidur lebih awal setiap hari dan tak perlu memakai kipas atau AC tentunya.

 

6. Cuci tangan yang bersih

Sebelum dan sesudah makan, biasakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun. Karena suhu yang lembab memungkinkan perkembangbiakan bakteri dan virus. Jadi tetaplah menjaga kebersihan Anda.

 

Baca Juga: Musim Hujan Datang, Waspada 6 Penyakit Ini Sering Menyerang

 

7. Konsumsi suplemen tambahan

Suplemen tambahan seperti vitamin akan sangat berguna menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan berlangsung. Jika Anda ragu jenis suplemen apa yang dibutuhkan oleh tubuh, berkonsultasilah lebih dulu dengan dokter.

Jika Anda ingin tetap sehat, cobalah untuk melakukan beberapa langkah di atas.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami