Kuat Karena Latihan Rohani
Kalangan Sendiri

Kuat Karena Latihan Rohani

Lori Official Writer
      1138

Ayat Renungan: 

1 Korintus 3: 16, “Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?”

Yeremia 29: 11, “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”

 

Sebagai ciptaan Tuhan yang terdiri dari tiga area yaitu tubuh, jiwa dan roh, kita adalah makhluk rohani. Karena itu kerohanian begitu penting dalam hidup kita karena bagian inilah yang mengendalikan seluruh pikiran dan jiwa kita.

Seseorang yang memiliki kerohanian yang sehat, maka di dalamnya berdiam roh yang sehat yang kemudian akan menghasilkan jiwa yang sehat pula. Dan dengan jiwa yang sehat seseorang akan memiliki tubuh yang sehat. Karena seseorang yang berjiwa yang sehat, dia pasti akan memiliki dorongan untuk menjaga cara hidup yang sehat seperti memiliki istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi. 

Tetapi semua ini dikendalikan oleh kerohanian kita. Karena itu kita perlu menjaga kerohanian kita tetap kuat. Bagaimana caranya? Di dalam 1 Korintus 3: 16, “Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?” Jadi Tuhan berdiam di dalam roh kita masing-masing. Di sanalah Tuhan menyampaikan pikiran dan kehendak-Nya serta mengarahkan tujuan hidup manusia. Begitu juga dengan hikmat yang diperoleh manusia berasal dari roh-Nya.

Jadi untuk memperkuat kerohanian kita setiap hari, kita perlu mengkonsumsi makanan rohani setiap hari yaitu firman Tuhan. Makanan sehat yang kita makan setiap hari akan membuat sistem peredaran darah, saraf dan tulang kita sehat. Kita perlu memberi makan kerohanian kita dengan firman Tuhan setiap hari. Begitu juga dengan memperkatakan firman Tuhan sendiri sangat membantu kerohanian kita bangkit. Seperti disampaikan dalam Yeremia 29: 11 bahwa “rancangan Tuhan atas hidup kita adalah rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan”, dan saat kita memperkatakan firman ini maka roh kita akan bersukacita dan kuat.

Hal yang tak kalah penting untuk kita lakukan setiap hari adalah terus melatih diri kita untuk menghidupi firman-Nya atas hidup kita. Dengan itu otot iman kita semakin kuat setiap hari. Sehingga apapun tantangan yang kita hadapi, kita bisa lebih tangguh, kuat dan sanggup menghadapinya dengan iman kita.

 

Action: Hari ini Jawaban.com menantang pembaca terkasih untuk membuat komitmen salah satunya membaca firman Tuhan secara rutin setiap hari.

Ayat Hafalan:  Amsal 4: 23, “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.”

Hak cipta @Maria Kaesmetan

Ikuti Kami