Berbuat Baik Selagi Ada Kesempatan
Kalangan Sendiri

Berbuat Baik Selagi Ada Kesempatan

Lori Official Writer
      1116

Ayat Renungan: 

Amsal 3: 27, “Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya.”

Yohanes 9: 4, “Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorang pun yang dapat bekerja.”

 

Setiap hari Tuhan memberi kita kesempatan untuk menunjukkan kebaikan kepada orang-orang di sekitar kita. Saat Dia melakukannya, Dia memperhatikan apakah kita akan menjadi egois atau memperhatikan orang-orang yang membutuhkan dukungan semangat atau tepukan di punggung, bagi mereka yang membutuhkan kekuatan untuk melalui masa-masa sulit dalam hidupnya.

Ayat renungan pagi ini dari Amsal 3: 27, menegaskan kepada kita demikian, “Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya.” Artinya, kita tidak akan selalu diberikan kesempatan untuk membantu orang lain. Jadi saat kita punya kesempatan itu, mari segera melakukannya. Mulai dengan menolong siapa saja yang Tuhan taruhkan dalam hidup kita. 

Tuhan tidak mau kita menunda dan memberi banyak alasan. Mungkin salah satunya kita biasa ucapkan, “Ya, aku akan melakukannya kalau kondisiku sudah baik.” Tahukah bahwa itu tidak akan pernah terjadi! Atau setidaknya kesempatan yang sama bisa saja tidak akan datang dua kali! Inilah yang disampaikan dalam Pengkhotbah 11: 4, “Siapa senantiasa memperhatikan angin tidak akan menabur; dan siapa senantiasa melihat awan tidak akan menuai.”

Mari merenungkan ayat firman di atas dan segera ambil tindakan untuk berbuat baik kepada orang-orang yang dipercayakan dalam hidup kita. Seperti disampaikan Tuhan Yesus dalam Yohanes 9: 4, “Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorang pun yang dapat bekerja.”

Tuhan sudah menetapkan tugas untuk kita semua lakukan dalam hidup kita. Dan hidup kita akan terus berjalan. Jadi jangan menunggu sampai keadaan kita ssempurna untuk melakukannya, tapi bergegaslah melakukannya selagi ada waktu.

 

Action: Saat Roh Kudus menggerakkan hatimu untuk berbuat baik kepada seseorang hari ini, apa langkah konkrit yang bisa kamu lakukan untuk melakukannya?

Ayat Hafalan: Yohanes 9: 4, “Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorang pun yang dapat bekerja.”

Ikuti Kami