Temuan Terowongan Bawah Tanah di Gaza
Sumber: jawaban channel

News / 21 November 2023

Kalangan Sendiri

Temuan Terowongan Bawah Tanah di Gaza

Claudia Jessica Official Writer
700

Tentara Pertahanan Israel atau Israel Defense Forces (IDF) mengumumkan penemuan jaringan terowongan yang kompleks di bawah tanah di Jalur Gaza. Israel menyatakan pertempuran dengan Hamas di wilayah tersebut sangat sengit. Jenderal Yaron Vinkelman, komando Area Selatan IDF, menyatakan bahwa serangan mereka berhasil menghantam kemampuan Hamas dengan mengeliminasi banyak komandan dan memblokade sejumlah terowongan.

Dua hari setelah memasuki Kota Gaza, pasukan IDF menargetkan jaringan terowongan Hamas yang tersembunyi di bawah tanah, dikenal sebagai Gaza Metro. Unit khusus IDF, yaitu Yahalom, bertugas untuk menghancurkan jaringan tersebut. Video yang dirilis oleh IDF memperlihatkan penghancuran pintu masuk dan sumur yang menjadi akses terowongan bawah tanah yang ditemukan di lantai pertama dari salah satu gedung apartemen.

 

BACA JUGA: Pria Ini Ungkap, Orang Kristen Gaza Terancam Punah Jika Tidak Segera Ditolong

 

Tak hanya itu, berbagai jaringan terowongan bawah ini ini juga tersembunyi di rumah ibadah, sekolah, serta rumah sakit dan dilengkapi dengan beragam persenjataan mulai dari mortir, granat, pistol, peledak kendaraan lapis baja dan masih banyak lagi.

Jaringan terowongan Gaza memiliki panjang sekitar 500 km dan memiliki berbagai fungsi, termasuk untuk penyerangan, memenuhi kebutuhan Hamas, penyelundupan senjata, dan sebagai pusat komando.

Gambar: Konsentrasi Terowongan di Jalur Gaza

Sebuah peta menunjukkan konsentrasi terowongan di Jalur Gaza, terutama di bagian utara dan selatan, dengan beberapa di area tengah.

 

BACA JUGA: Umat Kristen di Indonesia Gelar Doa Bersama untuk Korban Konflik Israel-Palestina

 

Dalam perkembangan terbaru, Hamas bersedia melepaskan 70 sandera, termasuk anak-anak dan wanita, dengan imbalan gencatan senjata selama 5 hari. Meskipun perundingan melalui mediator Qatar dan Mesir, Israel menolak gencatan senjata, lantaran mengingat kemungkinan terkumpulnya kembali kekuatan Hamas.

Tentunya kita semua berharap bukan hanya gencatan sementara yang dapat terjadi diantara panasnya perang Israel dengan Hamas, tetapi terjadinya perdamaian permanen yang menjadi harapan dari semua pihak.

Jika Anda ingin melihat video yang dibagikan oleh IDF, saksikan melalui video berikut ini:

BACA JUGA: Waspada Berita Hoax Perang Israel – Hamas

 

Sumber : jawaban channel
Halaman :
1

Ikuti Kami