Pesan Natal PGI-KWI 2023 untuk Umat Kristen Seluruh Indonesia
Sumber: jawaban.com

News / 21 November 2023

Kalangan Sendiri

Pesan Natal PGI-KWI 2023 untuk Umat Kristen Seluruh Indonesia

Claudia Jessica Official Writer
4017

Dalam rangka menyambut Natal tahun 2023, Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dengan gembira menyampaikan pesan Natal untuk umat Kristen seluruh Indonesia.

Natal merupakan perayaan kelahiran Yesus Kristus yang membawa sukacita dan damai sejahtera bagi seluruh ciptaan-Nya. Pesan Natal ini terpancar dalam nyanyian malaikat yang menyatakan, “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi, dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.” (Lukas 2:14)

 

BACA JUGA: PGI dan KWI Ungkap Tema Natal 2023, Lihat Maknanya dan Rinciannya

 

Sukacita itu juga terdengar dalam kabar gembira bagi para gembala di Betlehem, di mana Juruselamat telah lahir untuk seluruh bangsa. Kelahiran-Nya membuat para gembala memiliki harapan besar kepada Mesias, Sang pembawa kedamaian.

“Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa. Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat yaitu Kristus Tuhan di kota Daud,” (Lukas 2:10-11)

Natal membawa orang percaya untuk masuk dalam karya penyelamatan Allah dan bertemu dengan Sang Juruselamat, merasakan damai sejahtera, dan menghidupkan nilai-nilai shalom dalam hubungan dengan sesama, alam semesta, dan Allah. (Kolose 3:15)

Kelahiran Yesus dan karya penebusan-Nya membawa sukacita bagi umat Kristen.

Natal dan Perhelatan Pemilu 2024

Perayaan Natal tahun ini terasa berbeda karena kita, masyarakat Indonesia memasuki masa persiapan Pemilu 2024.

Perhelatan politik ini terkadang menyisakan konflik dan perpecahan yang berkepanjangan di tengah masyarakat. Maka dari itu, PGI dan KWI menghimbau kita untuk bersikap bijak dan dewasa dalam menyikapi perbedaan dari pilihan politik serta benih-benih kebencian yang mungkin ada.

 

BACA JUGA: Begini Makna Lukas 2: 14, Ayat yang Jadi Tema Perayaan Natal 2023

 

Ketika kita memegang teguh prinsip bahwa Allah harus dimuliakan, maka politik identitas dan politik uang tidak menjadi pilihan perjuangan politik umat Kristiani.

Semangat Natal mendorong kita untuk terlibat aktif dalam membentuk kehidupan berbangsa yang bermartabat, mendukung perjuangan politik yang memperjuangkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Tanggungjawab Orang Percaya Merawat Lingkungan Hidup

Dalam pesan Natal PGI dan KWI kali ini juga menyoroti tanggung jawab umat Kristen dalam menjaga dan merawat lingkungan hidup, tidak hanya kepada sesama umat manusia.

Damai sejahtera bukan hanya untuk manusia, tetapi untuk seluruh ciptaan-Nya. Umat Kristiani diajak untuk memperhatikan dan menolak perusakan lingkungan hidup, memahami bahwa menjaga alam adalah panggilan dari Allah.

PGI dan KWI mendorong kita untuk lebih peduli, kritis, dan berani untuk menolak berbagai bentuk dan aksi yang menyebabkan kerusakan lingkungan hidup, pemanfaatan sumber daya alam tanpa adanya upaya pemulihan, pencemaran air, tanah, dan udara yang sangat berbahaya untuk keberlangsungan hidup semua makhluk. Allah memberikan tanggungjawab kepada manusia, khususnya orang percaya untuk menjaga lingkungan hidup. (Kejadian 2:15)

 

BACA JUGA: Pemerintah Canangkan Natal Nasional 2023 Diadakan di Kota Ini Lho!

Bijak Menggunakan Media Sosial

Di tengah era globalisasi dengan media sosial sebagai saluran komunikasi utama, kita juga diajak untuk memuliakan Allah melalui penggunaan media sosial yang bijaksana. Menyebarkan nilai-nilai kebaikan, kebenaran, keadilan, setiakawan, dan tenggang rasa menjadi bagian dari tanggung jawab orang percaya dalam berkomunikasi di dunia digital.

Demi menjaga toleransi, penting bagi kita untuk tidak menyebarkan berita bohong dan ujaran kebencian seperti yang banyak terjadi saat ini. Tuhan mau kita bijak dalam menggunakan media sosial maupun dalam menerima dan menyebarkan berita.

Para penggembala pergi dan mendapati kebenaran yang diumumkan oleh malaikat ketika mereka menemui bayi Yesus di palungan, lalu menyampaikannya kepada orang lain. Natal mengingatkan kita bahwa di era digital ini, komunikasi perlu dikelola dengan bijak agar bisa menjadi alat untuk menyampaikan Kabar Gembira. Meskipun teknologi informasi berkembang pesat, kita masih membutuhkan waktu tenang untuk berhubungan dengan Allah maupun sesama manusia yang akan mendatangkan sukacita dalam kehidupan kita.

 

BACA JUGA: Jadikan Natal Ini Spesial dengan Lomba Natal di Super Christmas Bersama Superbook!

 

Semoga melalui perayaan Natal, kita semua dapat merasakan kasih Allah yang selalu menemani hidup kita. Allah yang penuh kasih itu selalu hadir bersama kita. Imanuel, Allah yang menyertai kita. Dia tidak pernah meninggalkan kita dalam setiap situasi. (Ibrani 13:5)

Marilah kita memuliakan Allah dengan upaya-upaya baik untuk mewujudkan kedamaian dan kesejahteraan di tengah kehidupan keluarga, gereja, masyarakat, dan negara. Khususnya, kita berdoa untuk perdamaian di daerah-daerah yang masih dilanda konflik dan kekerasan.

Di akhir pesannya, PGI dan KWI mengucapkan Selamat Natal tahun 2023 dan selamat Tahun Baru 2024.

 

Sumber : pgi.or.id
Halaman :
1

Ikuti Kami