Berani Mengungkap Kebenaran
Kalangan Sendiri

Berani Mengungkap Kebenaran

Lori Official Writer
      1055

Ayat Renungan: 

Efesus 4: 15, “…tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.”

1 Yohanes 1: 8, “Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita.”

 

Saat kita percaya pada kebohongan, kita tidak akan bisa berubah menjadi seseorang yang lebih baik. 

Kita bisa saja berbohong tentang apa yang bisa membuat kita bahagia, atau tentang pengalaman kita akan Tuhan atau bahkan tentang pencapaian kita dalam hidup. Kita bisa percaya dengan kebohongan yang disampaikan tentang diri kita sendiri, atau tentang masa lalu kita. 

Di dalam 1 Yohanes 1: 8 disampaikan, “Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita.” Ayat ini menjelaskan bahwa langkah pertama untuk kita bisa berubah adalah dengan mengakui bahwa ada masalah dalam diri kita. Saat kita menyalahkan orang lain atau menolak menerima kebenaran, kita sedang menipu diri kita sendiri dan menaruh diri kita di tepi jurang yang berbahaya.

Untuk menghindari kebohongan ini, kita memerlukan kebenaran Tuhan. Firman Tuhan adalah lentera yang menerangi hati kita dengan kebenaran-Nya. Sehingga melalui pertolongan Roh Kudus kita tidak lagi terjebak dengan pembenaran diri sendiri. Di Efesus 4: 15, ditegaskan bahwa “Kasih membuat kita teguh dalam kebenaran dan bertumbuh menjadi serupa dengan Kristus.”

Apakah kita mau berubah? Apakah kita menghendaki kehidupan yang lebih baik? Apakah kita ingin mengatur ulang beberapa hal dalam hidup kita? Mari hari ini belajar untuk selalu menyampaikan kebenaran. Jika kita mengasihi diri kita sendiri, mengasihi Tuhan dan orang lain, maka kita akan bersedia untuk hidup di dalam kebenaran. Melekat erat dengan firman-Nya setiap hari dan andalkan Roh Kudus untuk memberi kita kesanggupan untuk menghidupi kebenaran-Nya.

 

Action: Apakah ada diantara pembaca yang saat ini sedang sulit mengakui keadaannya atau sedang berjuang untuk jujur kepada diri sendiri, orang lain dan Tuhan? Kami hadir menjadi Sahabat untuk kamu setiap saat. Layanan Konseling kami terbuka untuk kamu. Silahkan hubungi di Call Center 0811 9912 240, Whatsapp 0822 1500 2424.

Ayat Hafalan: Matius 6: 33, “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”

Ikuti Kami