Mendengar Suara Tuhan
Kalangan Sendiri

Mendengar Suara Tuhan

Lori Official Writer
      1156

Ayat Renungan: 

Yeremia 33: 3, “Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui.”

Matius 7: 7, “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.”

 

Salah satu hal yang membuat iman kita bertumbuh adalah melalui pendengaran akan firman Tuhan. Jadi dengan belajar firman Tuhan, maka roh kita akan menjadi kuat dan kita akan bertumbuh ke arah yang lebih baik dan hidup kita akan menjadi dampak. 

Banyaknya suara-suara yang kita dengar dari kepala dan hati kita bisa membawa kita kepada arah yang tidak jelas. Hal serupa juga terjadi di dalam kehidupan kita, kita perlu melihat jelas rambu-rambu dari kehidupan ini. Kita perlu memperhatikan kaca spion kehidupan kita dan menghapus hal-hal yang tidak penting dari kehidupan kita. 

Ada banyak rambu-rambu yang Tuhan sudah buat atas hidup kita, seperti larangan dari Tuhan, nasihat untuk dilakukan dan kita mesti berhati-hati. Bagaimana kita bisa membaca dan mengetahuinya? Kita butuh mendengar suara Tuhan karena Dia yang paling tahu akan kehidupan kita dan Dia yang memegang seluruh kehidupan kita. Dia adalah Alpha dan Omega karena itu kita harus datang kepada sang Maestro.  

Untuk kita bisa mendengar suara Tuhan, kita perlu melakukan beberapa hal ini:

Pertama, kita harus benar-benar menyisihkan waktu khusus untuk memperhatikan pesan Tuhan. Menyisihkan waktu bisa dengan doa di jam-jam pribadi kita atau membuat waktu khusus untuk berkomunikasi dengan Tuhan.

Kedua, catat pesan yang Tuhan sampaikan. Kita perlu mencatat pesan yang Tuhan sampaikan, entah itu untuk tujuan jangka pendek atau jangka panjang. Itu sangat penting karena itu bisa menjadi kompas yang mengarahkan hidup kita.

Ketiga, tanya Tuhan apa yang perlu dilakukan ke depan. Mintalah kepada Tuhan langkah-langkah apa yang perlu kita lakukan untuk melakukan pesan-pesan tersebut.

Lakukanlah setiap pesan Tuhan dengan tekun sembari mengandalkan Roh Kudus untuk memampukan kita mengerjakannya.

 

Action: Ambillah setiap hari beberapa menit untuk mendengar suara Tuhan. Mulailah dengan doa dan merenungkan firman-Nya.

Ayat Hafalan: Matius 7: 7, “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.”

Hak cipta @Maria Kaesmetan

Ikuti Kami