Apa Sebenarnya Kata Alkitab Soal Pria Menikahi Wanita yang Lebih Tua?
Sumber: suara.com

Relationship / 26 October 2023

Kalangan Sendiri

Apa Sebenarnya Kata Alkitab Soal Pria Menikahi Wanita yang Lebih Tua?

Lori Official Writer
3040

2. Faktor emosional dan ekonomi menjadi hal yang perlu dipertimbangkan di dalam pernikahan

Sebagaimana disampaikan di awal artikel ini, angka usia memang tidak menentukan kedewasaan seseorang. Namun di batas usia 20-30-an tahun, laki-laki dan perempuan dianggap sudah memiliki kestabilan emosi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan mereka yang masih berusia kurang dari 20 tahun.

 

3. Laki-laki harus menaati perintah untuk mengasihi istri

Seperti Kristus mengasihi gereja-Nya dan menyerahkan diri-Nya bagi semua orang (Kolose 3: 19), demikian pula seorang suami harus mengasihi istrinya. Jika usia istri jauh lebih tua, apakah suami sanggup mengasihi sepenuhnya dan memenuhi tanggung jawab sebagai kepala rumah tangga yang baik? Hal ini yang perlu ditanyakan sebelum laki-laki menikahi perempuan yang lebih tua.

 

Baca Juga: Menikah dengan beda usia, bahayakah?

 

4. Istri perlu memiliki ketundukan kepada suami

Sekalipun usia seorang istri jauh lebih tua dibandingkan dengan suami, namun kebenarannya posisi seorang suami sebagai kepala rumah tangga harus terus berfungsi (Efesus 5: 22-30). Artinya, adalah tanggung jawab seorang istri untuk senantiasa tunduk kepada suaminya. 

Demikian disampaikan dalam Kolose 3: 18, “Hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan.” Jadi, seorang istri harus siap menaati firman Tuhan dan tidak melihat dirinya dalam gambaran pernikahan yang dituju sebagai orang yang lebih tua tetapi tunduk kepada suaminya untuk menghormati Tuhan.

Tuhan memberikan kita kebenaran untuk kita taati dan bahkan di tengah pernikahan, yang terpenting bukan soal seberapa banyak tautan usia antara suami dan istri tetapi seberapa besar kerelaan hati keduanya untuk mau saling menghormati, saling mengasihi dan membangun rumah tangga sesuai dengan kehendak Tuhan.

Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami