Stop Putus Asa! Ayo Bangkit dari Kegagalan Anda, Ikuti Tips dari Alkitab Ini
Sumber: canva.com

Finance / 23 October 2023

Kalangan Sendiri

Stop Putus Asa! Ayo Bangkit dari Kegagalan Anda, Ikuti Tips dari Alkitab Ini

Claudia Jessica Official Writer
1034

Kita semua pernah mengalami kegagalan. Bahkan salah satu buku yang ditulis oleh Erwin Lutzer juga menuliskan, “kegagalan adalah pintu belakang Tuhan menuju kesuksesan.”

Pertanyaannya adalah, bagaimana caranya bangkit dari kegagalan? Berikut ini adalah 5 hal yang perlu dilakukan orang Kristen jika ingin bangkit dari kegagalan.

1. Mengevaluasi

Ketika Anda mengalami kegagalan, itu adalah kesempatan baik untuk mengevaluasi kehidupan Anda dan mengapa Anda bisa gagal. Ingatlah bahwa kegagalan bukan sebuah kekalahan, ataupun akhirnya, melainkan kesempatan belajar untuk bangkit dan mencapai hal yang lebih besar.

 

BACA JUGA: 5 Pokok Doa Saat Alami Keputusasaan Dalam Karir

 

Alkitab mendorong kita untuk memikirkan kehidupan kita dengan cermat. “Tempuhlah jalan yang rata dan hendaklah tetap segala jalanmu” (Amsal 4:26). Ketika Anda merasa gagal, gunakan momen itu sebagai kesempatan belajar.

2. Bertobat dan mengakui kesalahan

Jangan menyalahkan orang lain atas kegagalan Anda. Terkadang, alasan Anda mengalami kegagalan adalah karena Anda sendiri yang melakukan kesalahan. Tetapi tidak apa-apa. Berani mengakui kesalahan artinya Anda adalah orang Kristen yang sudah dewasa, mau mengakui diri yang jauh dari sempurna.

“Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.” (Yakobus 5:16)

Jika Anda telah melakukan kesalahan, segeralah minta maaf dengan mengakui kesalahan Anda dan jangan menjadikan permintaan maaf tersebut sebagai alasan untuk membela diri Anda.

3. Alami pemulihan

Anda mungkin telah melalui waktu yang panjang dalam masa kegagalan Anda. Anda telah memikirkan kesalahan apa yang dilakukan dalam waktu yang lama. Dan inilah saatnya untuk bangkit, mengalami pemulihan dan mulai merencanakan masa depan.

 

BACA JUGA: 4 Alasan Tuhan Lebih Dulu Melatih Kita Dengan Keras Sebelum Jadi Orang Sukses

 

Mulailah membuat rencana untuk masa depan yang lebih dari masa lalu, tentunya dengan karunia Tuhan. “Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu” (Amsal 16:3). Dengan menentukan tujuan, pikiran Anda akan lebih terarah pada harapan bahwa apa yang akan terjadi selanjutnya akan menjadi lebih baik.

4. Lakukan pembaharuan diri

Seiring dengan dimulainya upaya untuk membangkitkan kembali diri Anda dari kegagalan, Anda juga perlu memperbaharui diri Anda dari dalam, dimana kehidupan rohani Anda juga diperbaharui dalam hadirat Allah.

Seperti yang Yesus katakan dalam Yohanes 15:4, “Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.”

5. Segarkan kembali diri Anda

Sekarang saatnya untuk mulai melihat ke masa depan dan dampak apa yang bisa kita buat bagi dunia di sekitar kita. Kegagalan yang Anda alami tidak hanya untuk dirimu sendiri.

Gunakanlah pengalamanmu untuk membantu orang lain. Seperti yang dikatakan Yesus kepada Petrus (salah satu kegagalan terbesar yang menjadi salah satu keberhasilan rohani terbesar) “Dan engkau, jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu,” (Lukas 22:32).

 

 

BACA JUGA: Hidup Terkesan Buru-buru dan Melelahkan? Coba Slow Living dan Rasakan Hidup Berkualitas!

 

Jadi, jangan putus asa jika saat ini Anda sedang menghadapi kegagalan hari ini. Lihatlah, pelajari, dan pikirkan tentang masa depan. Bersama Yesus, Tuhanmu, semuanya akan menjadi lebih baik.

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami