Hidup Terkesan Buru-buru dan Melelahkan? Coba Slow Living dan Rasakan Hidup Berkualitas!
Sumber: Pexels: Lisa Fotios

Finance / 28 August 2023

Kalangan Sendiri

Hidup Terkesan Buru-buru dan Melelahkan? Coba Slow Living dan Rasakan Hidup Berkualitas!

Claudia Jessica Official Writer
1129

Dalam beberapa waktu terakhir, istilah “slow living” telah menjadi perbincangan hangat di dunia media sosial. Nah, sebenarnya apa makna di balik konsep “slow living” ini?

Slow living mengusung kesederhanaan dan kedamaian. Ini adalah gaya hidup yang mengutamakan kualitas daripada kuantitas, memberikan perhatian lebih pada momen-momen berharga daripada kecepatan. Dengan mengadopsi slow living, Anda mengundang kesadaran diri dan kebahagiaan yang lebih dalam dalam rutinitas sehari-hari.

Latar Belakang dan Perkembangan

Gerakan slow living muncul pada tahun 1980-an di Italia, awalnya sebagai tanggapan terhadap budaya cepat saji dan dominasi industri makanan besar. Ini pertama kali terlihat dalam gerakan Slow Food, yang kini telah menyebar ke lebih dari 150 negara. Slow Food mempromosikan makanan berkualitas tinggi, berkelanjutan, dan adil bagi para produsen.

 

BACA JUGA: 5 Kesalahpahaman Konsep Frugal Living yang Sering Terjadi Pada Pemula

 

Pengaruh dari Gerakan Slow Food

Gerakan Slow Food memberi inspirasi pada perkembangan konsep slow living yang lebih luas. Carl Honoré, seorang penulis dan pembicara terkemuka tentang slow living, merintis pengenalan konsep ini ke publik lewat bukunya “In Praise of Slowness” pada tahun 2004.

Honoré menghubungkan prinsip-prinsip slow food ke aspek-aspek lain kehidupan yang sering tergesa-gesa, seperti pekerjaan, pendidikan anak, dan waktu luang.

Selama Pandemi, Peminatnya Meningkat Pesat

Minat terhadap slow living meningkat pesat selama pandemi COVID-19. Google melaporkan peningkatan empat kali lipat dalam jumlah video YouTube dengan judul slow living pada tahun 2020 dibandingkan tahun 2019. Situasi ini memberi banyak orang kesempatan untuk melambat dan merenung tentang bagaimana mereka menjalani hidup.

Beberapa Hal yang Perlu Dipahami Tentang Slow Living

  • Gaya hidup slow living bukan hal eksklusif untuk mereka yang tinggal di wilayah pedesaan. Slow living adalah suatu perspektif yang dapat diadopsi oleh semua individu, tidak peduli apakah tempat tinggal Anda berada di tengah hiruk-pikuk ibu kota atau di pedesaan terpencil.
  • Kehidupan slow living tetap memiliki peluang untuk meraih kesuksesan atau produktivitas. Bahkan, slow living justru memberi pengajaran tentang pencapaian sukses sesuai dengan definisi pribadi Anda dan memprioritaskan hal-hal yang memiliki nilai tertinggi bagi Anda.
  • Memperlambat kehidupan bukan berarti harus menghindari teknologi sepenuhnya. Namun, penting untuk memastikan bahwa perangkat teknologi berperan sebagai alat bantu yang mendukung aktivitas kita, bukan sebagai gangguan yang mengganggu keseimbangan.

 

BACA JUGA: Ingin Cepat Pensiun Dini? Intip Prinsip Hidup Frugal Living Beserta Tipsnya Berikut

 

Dengan mengadopsi nilai-nilai slow living, kita dapat mengurangi stres, meningkatkan kualitas hidup, dan lebih menghargai momen berharga dalam perjalanan kita. Dengan mengikuti prinsip-prinsip ini, kita bisa mencapai kebahagiaan yang lebih dalam dalam hidup yang semakin sibuk ini

Apakah Anda tertarik untuk mencoba gaya hidup slow living?

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami