Pesan untuk Anda yang Menjadi Korban Pelecehan Seksual yang Kehilangan Percaya Diri
Sumber: jawaban channel

News / 23 October 2023

Kalangan Sendiri

Pesan untuk Anda yang Menjadi Korban Pelecehan Seksual yang Kehilangan Percaya Diri

Claudia Jessica Official Writer
1633

Pelecehan seksual adalah salah satu pengalaman yang sangat traumatis dan merusak bagi individu yang menjadi korban. Terkadang, mereka yang telah mengalami pelecehan dan kekerasan seksual merasa bersalah, tidak berharga, dihina, dan kotor. Perasaan-perasaan ini sering kali mendalam dan kompleks, tetapi penting untuk diingat bahwa korban pelecehan seksual tidak sendirian dalam perjuangan mereka.

Ada beberapa hal penting yang perlu diingat oleh korban pelecehan seksual dalam upaya mereka untuk memulihkan diri dan merasa berharga:

1. Anda Tidak Sendirian

Merasa terisolasi adalah salah satu hal yang sering dialami oleh korban pelecehan seksual. Namun, penting untuk menyadari bahwa Anda tidak sendirian dalam perasaan dan pengalaman Anda. Banyak orang telah mengalami hal serupa, meskipun mungkin sulit untuk berbicara tentang hal tersebut. Menemukan dukungan dan kelompok yang mendukung dapat membantu Anda merasa lebih diterima.

 

BACA JUGA: Viral Dugaan Pelecehan Seksual di Ajang Miss Universe, Bagaimana Harusnya Kita Menanggapi?

 

2. Serahkan Semua kepada Tuhan

Bagi banyak orang, keyakinan agama dan spiritualitas dapat menjadi sumber penghiburan dan kekuatan. Serahkan semua sakit, marah, kekhawatiran, dan kekecewaan Anda kepada Tuhan. Percayalah bahwa Tuhan sangat menyayangi Anda dan ingin menyembuhkan serta membuat Anda nyaman.

3. Anda Tidak Melakukan Kesalahan

Sangat penting untuk diingat bahwa pelecehan seksual bukanlah kesalahan Anda. Tidak pernah boleh berpikir bahwa Anda adalah penyebab dari tindakan keji tersebut. Anda adalah korban, dan seharusnya dilindungi dari kekerasan semacam itu.

4. Anda Berharga

Terlepas dari kejadian yang mungkin telah menimpa Anda, Anda tetap berharga. Nilai Anda tidak ditentukan oleh apa yang orang lain katakan atau lakukan terhadap Anda. Ingatlah firman Tuhan yang menyatakan bahwa Anda berharga dalam Lukas 12:7-8 “Bahkan rambut kepalamu pun terhitung semuanya. Karena itu jangan takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit. Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah.”

 

BACA JUGA: Anak Mengalami Pelecehan Seksual?! Lakukan 5 Cara ini untuk Atasi Traumanya!

 

5. Lepaskan Pengampunan Mereka

Meskipun sulit, memaafkan orang yang telah melukai Anda adalah langkah penting dalam proses penyembuhan. Membebaskan diri dari dendam dan kemarahan dapat membantu Anda merasa lebih lega. Biarkan penghakiman menjadi bagian dari Tuhan.

Saat Anda merasa siap, Anda dapat berdoa untuk meminta bantuan dan kekuatan dalam proses penyembuhan Anda. Mari berdoa bersama host Jawaban Channel lewat video berikut:

Doa adalah sarana penting dalam meredakan rasa sakit dan memulihkan diri. Anda dapat mendoakan diri sendiri atau meminta dukungan dari seseorang yang dipercayai.

Tidak ada yang perlu merasa sendirian dalam perjalanan penyembuhan dari pelecehan seksual. Dukungan keluarga, teman, dan komunitas agama dapat sangat membantu. Jangan ragu untuk mencari bantuan profesional jika Anda merasa perlu.

 

BACA JUGA: Apa Kata Alkitab Tentang Pasangan Yang Kasar dan Melecehkan?

 

Jika Anda ingin berbicara lebih lanjut tentang pengalaman Anda, jangan ragu untuk menghubungi nomor Layanan Doa dan Konseling CBN di nomor 0822-1500-2424.

Layanan Doa dan Konseling CBN dapat memberikan dukungan emosional dan bimbingan yang Anda butuhkan. Anda tidak sendirian, dan ada bantuan tersedia untuk Anda.

Sumber : jawaban channel
Halaman :
1

Ikuti Kami