Kisah Pendeta Yoanes Kristianus dan Rombongan Selamatkan Diri Dari Perang Israel dan Hamas
Sumber: Yoanes Kristianus

News / 16 October 2023

Kalangan Sendiri

Kisah Pendeta Yoanes Kristianus dan Rombongan Selamatkan Diri Dari Perang Israel dan Hamas

Lori Official Writer
3639

Melalui perbatasan tepi barat Israel-Yordania, Pendeta Yoanes dan ratusan rombongan berhasil menyeberang ke Yordania. Namun pengalaman ini menjadi sejarah yang begitu membekas bagi Pendeta Yoanes lantaran ini adalah pengalaman berziarah yang menorehkan sejarah. 

Ia mengenang ketakutan yang dialami para rombongan, yang sebagian besar perempuan, ketakutan yang menghantui saat hantaman rudal dari pihak Hamas dan Israel saling serang. Namun di tengah kepanikan, dia tetap mengajak rombongan untuk tenang dan berdoa. “Saya berulang kali mengatakan Tuhan pasti akan melindungi kita dan Tuhan pasti akan membukakan jalan kalau memang memang sudah waktunya bagi kita untuk meninggalkan Israel,” ungkapnya.

 

Baca Juga: Resmi, Israel Deklarasikan Perang Lawan Hamas! Amerika Nyatakan Hal Ini

 

Ia mengaku setiap peserta yang ikut pastinya mengalami serangan panik dan kuatir, namun mereka memilih untuk berdoa dan menaikkan puji-pujian. “Kami mencoba menghibur mereka yang juga ketakutan dengan nyanyian dan doa. Hal-hal yang positif dan mulia, sehingga menenangkan,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, umat Kristiani di Indonesia biasanya kerap melakukan perjalanan rohani atau ziarah ke situs suci Yerusalem setiap tahunnya. Ziarah ini kebanyakan dilakukan di bulan Oktober dan November, karena di bulan ini udara Israel paling nyaman dan cocok bagi warga Indonesia. Peserta bisa memilih perjalanan yang dimulai dari Mesir, lalu ke Israel dan Yordania. Atau sebaliknya, Yordania, Israel dan Mesir.

Kisah Pendeta Yoanes dan rombongan kiranya menjadi pengalaman yang mengingatkan kita semua bahwa dalam setiap rencana yang kita lakukan, sekalipun itu bertujuan baik kadang akan muncul hal-hal tak terduga. Karena itulah kita perlu selalu meminta perlindungan dan penyertaan Tuhan. 

Dan kita juga tak lupa untuk terus berdoa bagi perdamaian di Israel dan Palestina. Kiranya rencana Tuhan yang berdaulat atas negara ini.

Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami