Makanan Favorit Sejuta Umat: Kerang, Sehat atau Bahaya untuk Kesehatan?
Sumber: canva.com

Health / 14 September 2023

Kalangan Sendiri

Makanan Favorit Sejuta Umat: Kerang, Sehat atau Bahaya untuk Kesehatan?

Claudia Jessica Official Writer
871

Kerang menjadi salah satu menu seafood kegemaran banyak orang. Biasanya kerang akan direbus kemudian dimakan dengan saus, atau dimasak dengan berbagai bumbu lain yang tidak kalah menggugah selera.

Di Indonesia sendiri ada banyak kerang, mulai dari kerang hijau, kerang dara, kerang bambu, kerang tiram, dan berbagai jenis kerang lainnya.

Selayaknya makanan pada umumnya, kerang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Apa saja?

Manfaat Makan Kerang:

1. Sumber Protein Berkualitas Tinggi: Kerang adalah sumber protein yang kaya dan berkualitas tinggi. Protein penting untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan tubuh, dan menjaga otot yang sehat.

2. Kandungan Mikronutrien: Kerang mengandung berbagai mikronutrien penting, termasuk vitamin B12, selenium, zink, zat besi, dan riboflavin. Mikronutrien ini mendukung fungsi normal tubuh dan menjaga kesehatan sistem saraf, metabolisme, dan sistem kekebalan tubuh.

3. Omega-3 Asam Lemak: Beberapa jenis kerang, seperti tiram, mengandung omega-3 asam lemak sehat. Omega-3 telah terbukti bermanfaat untuk kesehatan jantung, otak, dan sistem saraf.

4. Rendah Kalori: Kerang relatif rendah kalori, sehingga dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk mereka yang ingin mengontrol berat badan.

 

BACA JUGA: Peneliti Ungkap Sedotan Kertas yang Ramah Lingkungan Ternyata Bahaya?

 

Namun dibalik semua manfaat tersebut, terdapat bahaya yang tersembunyi. Mari kita perhatikan beberapa hal berikut:

1. Kontaminasi: Kerang dapat menyerap polutan dari air di sekitarnya, seperti logam berat, bakteri, dan toksin alga. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa kerang yang Anda konsumsi berasal dari sumber yang bersih dan aman.

2. Alergi: Beberapa orang memiliki alergi terhadap kerang, terutama kerang seperti kerang tiram. Reaksi alergi terhadap kerang bisa beragam dari ringan hingga sangat parah. Jika Anda memiliki riwayat alergi makanan, hindari mengonsumsi kerang atau berkonsultasi dengan profesional medis sebelum mencoba.

3. Tinggi Kolesterol: Beberapa jenis kerang mengandung kolesterol tinggi. Bagi mereka yang memiliki masalah kolesterol tinggi, disarankan untuk mengonsumsinya dengan bijak atau memilih kerang dengan kandungan kolesterol yang lebih rendah.

4. Keracunan Kerang: Keracunan kerang, atau paralytic shellfish poisoning (PSP), bisa terjadi jika Anda mengonsumsi kerang yang terkontaminasi oleh alga beracun. Ini dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, diare, dan bahkan kehilangan kendali otot.

5. Bisphenol A (BPA): Beberapa jenis kerang yang dikemas dalam kaleng dapat terkontaminasi dengan BPA, sebuah bahan kimia yang telah dikaitkan dengan risiko kesehatan tertentu.

 

BACA JUGA: Mau Makan Enak, Kok Malah Jadi Racun? Lihat 10 Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan

 

Namun, bukan berarti kita tidak bisa makan kerang sama sekali ya. Jika Anda sangat ingin memakan kerang, perhatikan beberapa hal berikut agar terhindar dari bahaya kerang:

1. Pilih Kerang Segar: Saat membeli kerang, pastikan mereka segar dan berasal dari sumber yang terpercaya.

2. Cuci dan Rebus dengan Baik: Cuci kerang dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan pasir. Rebus kerang hingga cangkangnya terbuka, dan jangan makan kerang yang cangkangnya tetap tertutup setelah direbus.

3. Hindari Kerang yang Rusak: Hindari mengonsumsi kerang yang cangkangnya retak atau rusak.

4. Simpan dalam Suhu yang Aman: Simpan kerang dalam lemari es atau tempat yang dingin hingga Anda siap mengolahnya.

Jadi meski memiliki bahaya, kerang juga bisa menjadi sumber nutrisi yang baik. Maka dari itu, penting untuk memilih dan mempersiapkannya dengan hati-hati.

 

BACA JUGA: 10 Ayat Alkitab Pengingat Pentingnya Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

 

Pastikan untuk membeli kerang dari sumber yang terpercaya, hindari mengonsumsi kerang jika Anda memiliki alergi, dan pertimbangkan kondisi kesehatan pribadi Anda saat memasukkan kerang ke dalam diet Anda.

Konsultasikan dengan profesional medis atau ahli gizi jika Anda memiliki kekhawatiran khusus terkait makan kerang.

Bagikan artikel ini ke orang-orang yang suka makan kerang dan lihat reaksi mereka, deh!

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami