Mau Makan Enak, Kok Malah Jadi Racun? Lihat 10 Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan
Sumber: canva.com

Health / 15 August 2023

Kalangan Sendiri

Mau Makan Enak, Kok Malah Jadi Racun? Lihat 10 Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan

Claudia Jessica Official Writer
2369

Makanan itu paling enak disantap saat masih hangat, setuju?

Makanya ga heran kalau ada orang yang suka menghangatkan makanan sebelum dimakan. Tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan ulang? Hal ini dikarenakan ada makanan tertentu yang dapat menghasilkan zat berbahaya ketika dipanaskan kembali.

Mari kita lihat 10 daftar makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan beserta alasannya!

 

BACA JUGA: Fokus Menjaga Kesehatan seperti Madonna, Lakukan 4 Kebiasaan untuk Cegah Infeksi Bakteri

 

1. Telur

Memanaskan telur yang sudah matang dapat merusak struktur protein yang ada di dalamnya. Hal ini dapat mengurangi kandungan nutrisi serta kualitas protein yang penting untuk tubuh. Selain itu, memanaskan telur matang berulang kali dapat meningkatkan risiko kontaminasi bakteri seperti Salmonella.

2. Bayam

Bayam mengandung senyawa nitrat, yang pada dasarnya tidak berbahaya. Namun, ketika bayam dipanaskan ulang, nitrat dapat berubah menjadi senyawa nitrit yang memiliki potensi untuk membentuk senyawa nitrosamin, yang dapat menjadi karsinogen (zat penyebab kanker).

3. Jamur

Jamur mengandung protein dan serat yang rumit sehingga lebih sulit dicerna oleh tubuh. Memanaskan ulang jamur dapat mengubah struktur proteinnya dan menyebabkan masalah pencernaan.

4. Ayam

Ayam yang telah dimasak mengandung protein yang sensitif terhadap perubahan suhu berulang kali. Memanaskan ulang ayam dapat merusak struktur protein, sehingga sulit dicerna dan mengurangi kualitas protein yang dapat diserap tubuh.

 

BACA JUGA: Pemuda Ini Meninggal Setelah Santap Sisa Pasta, Rupanya Ini Sebabnya….

 

5. Seafood

Memanaskan seafood seperti udang, kepiting, atau ikan berulang kali dapat merusak kandungan nutrisi dan struktur protein, serta meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri berbahaya seperti Vibrio dan Salmonella.

6. Nasi

Memanaskan nasi yang sudah dimasak dan didinginkan dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri Bacillus cereus. Bakteri ini dapat menghasilkan racun yang menyebabkan keracunan makanan dengan gejala seperti mual, muntah, dan diare.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami