Kenapa Kita Perlu Baca Kitab Mazmur Setiap Hari?
Sumber: Our Savior Lutheran

Kata Alkitab / 11 September 2023

Kalangan Sendiri

Kenapa Kita Perlu Baca Kitab Mazmur Setiap Hari?

Lori Official Writer
1337

Seperti kita tahu, Kitab Mazmur di dalam Alkitab terdiri dari 150 pasal dan sebagian besar diantaranya merupakan ayat nyanyian pujian dan penyembahan kepada Tuhan. 

Tak sedikit dari ayat di dalam kitab ini dijadikan sebagai nyanyian atau lagu ibadah gereja di masa ini. Dari pasal pertama kitab ini, kita akan disuguhkan frasa-frasa dengan sentuhan emosi yang menggugah hati. Tak heran kalau kitab Mazmur sangat dianjurkan untuk dibaca setiap hari.

Berikut 3 alasan penting yang perlu kita tahu:

1. Mazmur Bisa Jadi Sumber Kekuatan

Mazmur bisa jadi sumber kekuatan kita. Banyak dari ayat di dalam kitab ini mengungkapkan tentang ucapan syukur dan pujian kepada Tuhan. Saat kita menghadapi masa-masa sulit, kitab Mazmur bisa jadi sumber inspirasi dan penyemangat kita.

Seperti halnya di dalam Mazmur 46: 10, “Diamlah dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah! Aku ditinggikan di antara bangsa-bangsa, ditinggikan di bumi!”

Ayat ini memberi tahu kita bahwa dalam situasi sulit apapun yang kita alami, Tuhan senantiasa berdaulat. Dia adalah Allah tempat perlindungan yang bisa kita percaya. 

 

Baca Juga: Buat Anda yang Belum Tahu, Kenali 6 Bagian Kitab Mazmur Ini

 

2. Mazmur Bisa Menjadi Ungkapan Hati Kita

Saat keadaan sering membuat kita sulit untuk mengungkapkan seluruh isi hati kita, Mazmur bisa mewakili setiap keadaan apapun yang kita alami. Mazmur adalah ungkapan hati yang menerjemahkan emosi kita menjadi kata-kata ratapan maupun pujian. Kita bisa menemukan setiap luapan emosi yang sedang kita alami secara verbal melalui kitab ini.

Salah satunya adalah Mazmur 51: 8, “Biarlah aku mendengar kegirangan dan sukacita, biarlah tulang yang Kauremukkan bersorak-sorak kembali!”

Ini adalah Mazmur berisi seruan dari Raja Daud kepada Tuhan saat dia meminta pengampunan di tengah kesusahan yang ia alami. Dia mendambakan kembalinya sukacita dari kesedihannya. Lagu ini mengungkapkan emosi kita di tengah kesedihan yang mungkin kita alami.

 

3. Mazmur Menjadi Panduan Untuk Bersikap

Mazmur bisa jadi panduan bagi kita untuk bersikap dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya bagaimana Mazmur memberi kita panduan untuk mengasihi dan peduli kepada orang lain. Bisa dikatakan Mazmur adalah panduan pastoral yang membantu kita menjadi sosok yang lebih berempati kepada kebutuhan orang lain.

Demikian satu panduan yang bisa membantu kita yaitu dalam Mazmur 139: 16, “…mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun dari padanya.”

 

Baca Juga: 3 Hal Penting yang Bisa Anda Temukan di Mazmur untuk Menjalani Kehidupan dengan Tenang

 

Ayat ini bisa kita jadikan sebagai panduan untuk memberikan dukungan atau pertolongan kepada keluarga, teman atau orang terdekat yang kehilangan kepercayaan dirinya. Ini juga bisa jadi sumber kekuatan untuk kita bagikan kepada seseorang yang sedang terpuruk hidupnya. Tentu saja ada banyak sekali ayat lain yang bisa kita gunakan untuk menolong orang-orang yang membutuhkan. Karena itu kita perlu membacanya setiap hari.

Apakah Anda salah satu orang yang belum pernah membaca kitab Mazmur? Cobalah buat jadwal rutin membaca 1 pasal setiap hari dan rasakan manfaatnya bagi hidup Anda.

Halaman :
1

Ikuti Kami