Buat Anda yang Belum Tahu, Kenali 6 Bagian Kitab Mazmur Ini
Sumber: Chatolic Exchange

Kata Alkitab / 14 June 2023

Kalangan Sendiri

Buat Anda yang Belum Tahu, Kenali 6 Bagian Kitab Mazmur Ini

Lori Official Writer
1491

Sebagai orang Kristen, kita mungkin belum pernah mengetahui bahwa Kitab Mazmur, yang merupakan salah satu kitab terpanjang di Alkitab, sebenarnya terbagi menjadi enam bagian yang berbeda. Berikut 6 bagian kitab Mazmur yang perlu kita ketahui.

1. Mazmur Ratapan

Mazmur Ratapan adalah genre paling dominan yang ada di dalam Kitab Mazmur. Lebih dari sepertiga Mazmur menggambarkan ratapan yang mengungkapkan berbagai suasana hati. Para pemazmur meratapi keterpurukan mereka di hadapan musuh, meluahkan keluhan terhadap diri sendiri, dan bahkan mengungkapkan kekecewaan mereka kepada Tuhan. Dalam Mazmur 22:1-2, terdapat ungkapan yang menarik perhatian:

"Bangkitlah, TUHAN, tolonglah aku, ya Allahku! Ya, Engkau telah memukul rahang semua musuhku, dan mematahkan gigi orang-orang fasik. Dari TUHAN datang pertolongan. Berkat-Mu atas umat-Mu!" (Mazmur 3:7-8)

 

2. Mazmur Pujian

Mazmur pujian terkenal dengan penekanannya pada seruan pujian kepada Tuhan. Contohnya, terdapat himne-himne pujian dalam kitab ini yang memuji Tuhan karena telah menjadikan Gunung Sion sebagai tempat manifestasi kehadiran-Nya. Misalnya, kita dapat menemukan pujian semacam ini dalam Mazmur 46, Mazmur 48, Mazmur 76, dan Mazmur 84.

 

3. Mazmur Ucapan Syukur

Mazmur-mazmur ucapan syukur memuat ayat-ayat yang mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan. Di antaranya adalah Mazmur 32, Mazmur 18, Mazmur 30, Mazmur 34, Mazmur 65, dan Mazmur 136.

 

4. Mazmur Pengagungan Kesetiaan Allah

Mazmur-mazmur ini mengagungkan kesetiaan kepada Allah sebagai Raja dan perjanjian-Nya. Mazmur kerajaan Allah merayakan pemerintahan-Nya yang berkuasa atas seluruh alam semesta. Beberapa contoh mazmur semacam ini dapat ditemukan dalam Mazmur 24, Mazmur 29, Mazmur 47, Mazmur 39, Mazmur 95, dan Mazmur 144.

 

5. Mazmur Perlindungan

Mazmur-mazmur perlindungan ini membahas perlindungan yang dijanjikan Tuhan kepada mereka yang percaya kepada-Nya. Meskipun musuh-musuh mengelilingi Daud dalam Mazmur 11 dan Mazmur 23, ia tetap mempercayai Tuhan dan menemukan keamanan di dalam-Nya. Mazmur 121 mengisahkan para peziarah yang menghadapi bahaya dalam perjalanan mereka menuju Yerusalem, namun mereka memusatkan pandangan iman mereka kepada Tuhan. Mazmur-mazmur lain yang menggambarkan tentang perlindungan Tuhan termasuk Mazmur 16, Mazmur 62, Mazmur 63, Mazmur 91, dan Mazmur 125.

 

6. Mazmur Hikmat

Mazmur-mazmur ini penuh dengan wejangan dan hikmat. Ayat-ayatnya memberikan pengajaran yang memberkati. Selain itu, Mazmur Hikmat juga mengontraskan gaya hidup orang benar dengan gaya hidup orang yang tidak percaya. Mazmur-mazmur yang termasuk dalam kategori ini adalah Mazmur 1, Mazmur 15, Mazmur 36, Mazmur 37, Mazmur 49, Mazmur 73, Mazmur 112, Mazmur 119, Mazmur 127, Mazmur 128, dan Mazmur 133.

Membaca Kitab Mazmur akan membawa kita pada kedalaman dan kedekatan hubungan kita secara pribadi dengan Tuhan. Setiap bagian dalam Kitab Mazmur memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Dari ratapan yang mengungkapkan kelemahan dan kebutuhan kita kepada Tuhan, hingga pujian yang mengangkat nama-Nya, dari ucapan syukur yang memuliakan-Nya, hingga pengagungan atas kesetiaan Allah sebagai Raja, dan dari perlindungan yang dijanjikan-Nya, hingga hikmat dan didikan yang memberkati.

Lewat kitab Mazmur, kita bisa menemukan ketenangan dalam kesulitan, kekuatan dalam kelemahan, dan pengharapan dalam setiap fase kehidupan. Mari menjelajahi Kitab Mazmur dengan penuh gairah dan mendapatkan kekayaan spiritual yang terkandung di dalamnya.

Halaman :
1

Ikuti Kami