Anak Ngomong Kasar, Gimana Cara Orangtua Kristen Meresponnya?
Sumber: Freepik @jcomp

Relationship / 1 September 2023

Kalangan Sendiri

Anak Ngomong Kasar, Gimana Cara Orangtua Kristen Meresponnya?

Claudia Jessica Official Writer
2027

#3 Beritahu konsekuensinya

Dalam ayat 14-19, Allah memaparkan konsekuensi dari yang dilakukan secara jelas dan spesifik. Kita juga perlu melakukannya kepada anak-anak kita. Alih-alih berkata, “Kamu dihukum karena sudah berbicara kasar!” yang tidak jelas tentang kesalahan dan konsekuensi atas perbuatannya, beritahu dimana letak kesalahannya dan konsekuensinya. Kita tahu bahwa kita harus menjaga perkataan dan betapa besarnya dampak perkataan yang buruk.

#4 Disiplin dengan kasih

Marah namun tetap mengasihi, seperti dua hal yang bertolak belakang ya? Namun, nilah yang Tuhan ajarkan. Marah dengan kasih dapat Anda pelajari melalui artikel: Marahlah Tetapi Jangan Berbuat Dosa

#5 Bersedia untuk membuat keputusan sulit

Di ayat 22-24, kita melihat contoh “kemurahan hati” Allah. Dia mengusir Adam dan Hawa dari taman dan menempatkan malaikat dengan pedang menyala di pintu masuk. Ini bukanlah hukuman, melainkan belas kasih Allah kepada Adam dan Hawa. Allah tahu bahwa jika mereka memakan buah dari Pohon Kehidupan lagi, mereka akan terjatuh dan jiwa mereka hilang selamanya. Allah terlalu mengasihi mereka sehingga menyuruh mereka pergi.

 

BACA JUGA: Belajar 7 Kesalahan Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Dari Film Mask Girl

 

Penerapannya bagi kita sebagai orang tua adalah kita perlu melihat ke depan dalam mendisiplinkan anak kita. Apakah mereka berada di jalan yang salah? Apakah mereka berada dalam pola perilaku buruk yang berulang-ulang? Apakah mereka lebih sering melakukan kesalahan?

Jika demikian, kita perlu melakukan sesuatu yang berbeda. Kehidupan Adam dan Hawa di luar taman menjadi jauh lebih sulit, namun itu demi kebaikan mereka. Apakah ada sesuatu yang perlu Anda lakukan sebagai orang tua namun Anda ragu untuk melakukannya? Bicarakanlah hal ini kepada Tuhan dan mintalah Dia memberi Anda kekuatan untuk melakukan seperti yang Dia lakukan.

Merupakan tanggung jawab orang tua untuk membimbing anak-anak mereka, termasuk dalam bertutur kata.

Tentu saja, kita tidak akan pernah mencapai kesempurnaan seperti yang dimiliki Tuhan bagi kita. Namun, jika kita mengandalkan-Nya, mencari kekuatan dalam-Nya, dan melihat-Nya sebagai teladan, maka Dia akan membimbing langkah-langkah kita.

Bagikan artikel ini dan jadilah berkat untuk mereka yang membacanya.

Sumber : cornerstonesforparents.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami