Fakta Alkitab : Penemuan Sisa Reruntuhan Tembok Yerikho
Sumber: Youtube Channel Jawaban

Fakta Alkitab / 23 August 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab : Penemuan Sisa Reruntuhan Tembok Yerikho

Bella Tiurma Official Writer
2497

Perjalanan Bangsa Israel di Kota Yerikho 

Pada akhir 40 tahun pengembaraan mereka di padang belantara, orang Israel tiba di dataran Moab. Di sana tepatnya di seberang Yerikho, Musa naik ke Gunung Nebo dan melayangkan pandangannya ke tanah perjanjian termasuk Yerikho kota pohon palem beserta datarannya. 

Setelah Musa meninggal, Yosua mengutus dua orang mata-mata untuk pergi ke Yerikho. Karena mendapatkan bantuan oleh Rahab dengan menyembunyikannya, sehingga mereka tidak ketahuan. Kemudian mereka melarikan diri dari kota tersebut dengan menggunakan tali melalui jendela rumahnya yang terletak di atas tembok Yerikho. 

Selama tiga hari lamanya, mereka bersembunyi di wilayah pegunungan yang tidak jauh. Kemudian mereka menyeberangi Sungai Yordan dan kembali ke perkemahan Israel. 

Pada waktu itu, seluruh penduduk kota Yerikho sangat ketakutan ketika mendengar dan menyaksikan Sungai Yordan yang sedang meluap dibendung secara mukjizat. Sehingga orang Israel dapat berjalan melalui tanah kering. 

Setelah itu, meskipun pria-pria Israel baru disunat dan harus sembuh dahulu sebelum mereka cukup sehat untuk membela diri, tidak ada yang berani menyerang mereka di Gilgal.bahkan orang Israel merayakan Paskah di padang gurun Yerikho tanpa adanya gangguan apapun. 

Selain itu, Yosua pernah melontarkan sebuah kutukan atas kota itu yang tertulis dalam Yosua 6 : 26 yang digenapi. Setelah kota Yerikho berhasil untuk ditaklukan dan dibinasakan oleh bangsa Israel, kota tersebut menjadi bagian dari daerah Benyamin yang berbatasan dengan daerah Efraim dan Manasye (Yosua 16 : 1,7 ; 18 : 12, 21). 

Tak berselang lama, ada sebuah pemukiman yang terlihat bermunculan di tempat itu. Namun pemukiman tersebut direbut oleh raja Eglon dari Moab, yang kemudian menguasainya selama 18 tahun.

Sumber : Youtube Channel Jawaban
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami