7 Pahlawan Nasional yang Beragama Kristen, Kenal dengan Nama-nama Mereka?
Sumber: tirto.id

News / 17 August 2023

Kalangan Sendiri

7 Pahlawan Nasional yang Beragama Kristen, Kenal dengan Nama-nama Mereka?

Claudia Jessica Official Writer
5105

Selamat hari kemerdekaan!

Hari ini negara kita tercinta Indonesia genap berusia 78 tahun sejak menyatakan kemerdekaannya!

Hari bersejarah ini tidak lepas dari perjuangan para pahlawan di masa lalu ketika mereka melawan penjajah negara kita dengan gagah berani hingga berhasil menyatakan kemerdekaan negara kita, Indonesia.

Diantara banyaknya pahlawan yang berjasa atas kemerdekaan tanah air Indonesia, diantaranya ada banyak pahlawan yang beragama Kristen lho. Penasaran siapa saja mereka?

1. Yos Sudarso

Yos Sudarso, pahlawan Kristen Indonesia terkemuka, lahir di Salatiga pada 24 November 1925. Ia menyelesaikan pendidikannya di HIS Salatiga dan sekolah guru di Muntilan. Di bawah pendudukan Jepang, ia belajar di sekolah tinggi pelayaran di Semarang dan pendidikan opsir di Giyu Usamu Butai.

 

BACA JUGA: Sejarah Mencatat, Pahlawan Nasional Beragama Kristen ini Meninggal Dunia Pada 1 Januari

 

Setelah proklamasi kemerdekaan, Yos bergabung dengan BKR Laut (kini TNI Angkatan Laut). Ia terlibat dalam operasi militer di Maluku untuk menyebarkan informasi tentang kemerdekaan Indonesia di wilayah Timur yang dijajah Belanda. Setelah kemerdekaan RI, ia menjadi komandan kapal termasuk KRI Alu, KRI Rajawali, dan KRI Pattimura.

Pada 19 Desember 1961, Presiden Soekarno membentuk TRIKORA untuk pembebasan Irian Barat yang dijajah Belanda. Yos dipilih sebagai pemimpin komando mandala di Makassar. Namun, saat memimpin patroli di Laut Aru, Maluku pada 15 Januari 1962, usia 36 tahun, kapalnya KRI Macan Tutul diserang oleh kapal patroli Belanda. Ia dan rekan-rekannya gugur dalam pertempuran tersebut.

Yos Sudarso dikenang dalam berbagai cara, termasuk melalui nama KRI dan pulau. Monumen dan nama jalan di Jakarta dan Papua juga mengabadikannya. Keberanian dan pengorbanannya menginspirasi banyak orang dalam memperjuangkan kemerdekaan dan kesatuan Indonesia.

2. Slamet Riyadi

Brigadir Jenderal Ignatius Slamet Riyadi adalah pahlawan terkemuka Indonesia yang beragama Kristen. Lahir pada 26 Juli 1927 di Surakarta, Riyadi dibesarkan oleh orang tuanya dan mengenyam pendidikan di sekolah milik Belanda. Pada masa pendudukan Jepang, ia belajar di sekolah pelaut Jepang dan bergabung dengan perlawanan saat Indonesia merdeka.

Riyadi memimpin tentara di Surakarta dalam perang kemerdekaan melawan Belanda. Dia juga berperan penting dalam menghadapi pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS) di Maluku pada tahun 1950. Dalam pertempuran tersebut, ia gugur akibat luka tembak saat memimpin pasukannya.

 

BACA JUGA: 4 Tokoh Kristen yang Berperan Dalam Kemerdekaan Indonesia

 

Setelah kematiannya, Riyadi dianugerahi berbagai penghargaan dan menjadi Pahlawan Nasional Indonesia. Namanya diabadikan dalam banyak hal, seperti jalan utama di Surakarta, fregat TNI AL KRI “Slamet Riyadi,” dan sebuah universitas di Surakarta. Dedikasinya dalam perjuangan kemerdekaan dan jasa-jasanya dihormati oleh negara dan masyarakat Indonesia hingga saat ini.

3. Jamin Ginting

Letjen Jamin Ginting, seorang Pahlawan Kristen Indonesia, lahir pada 12 Januari 1921 di Desa Suka, Tiga Panah, Sumatera Utara. Ia bergabung dengan pasukan Jepang saat masih muda dan menjadi komandan di bawah pemerintahan Jepang di Asia. Setelah Jepang menyerah dalam Perang Dunia II, Jamin Ginting bersama pasukannya bergerak untuk melawan tentara Belanda.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami