Kemerdekaan dan Kebebasan Bangsa yang Dicatat Oleh Alkitab
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 16 August 2023

Kalangan Sendiri

Kemerdekaan dan Kebebasan Bangsa yang Dicatat Oleh Alkitab

Claudia Jessica Official Writer
1514

17 Agustus diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia dan selalu diperingati setiap tahunnya. Ini adalah hari libur paling bersejarah bagi bangsa Indonesia karena di tahun 1945, negara kita, Indonesia berhasil mengalahkan penjajah dan menyatakan kemerdekaan Indonesia menjadi bangsa yang mandiri.

Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno yang didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta membacakan teks proklamasi yang menjadi bukti sejarah bahwa Indonesia menyatakan kemerdekaan dari belenggu penjajah pada 17 Agustus 1945.

Berikut teks lengkap proklamasi:

PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia,

Soekarno/Hatta.

 

BACA JUGA: Rangkaian Upacara Hari Ulang Tahun RI ke-78 dan Berbagai Hiburan yang Diadakan di Istana

 

Kemerdekaan dan kebebasan adalah topik yang banyak dibahas di Alkitab. Mari kita lihat apa yang Alkitab katakan tentang kemerdekaan dan kebebasan:

Lukas 4:18–19

Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.

Yohanes 8:31–32

Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.

Yohanes 8:36

Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka.

Roma 6:17–18

Tetapi syukurlah kepada Allah! Dahulu memang kamu hamba dosa, tetapi sekarang kamu dengan segenap hati telah mentaati pengajaran yang telah diteruskan kepadamu. Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran.

 

BACA JUGA: Kumpulan Lagu Rohani untuk Menyambut Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus Mendatang

 

Roma 6:22

Tetapi sekarang, setelah kamu dimerdekakan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal.

Roma 8:2

Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.

Roma 8:20–21

Karena seluruh makhluk telah ditaklukkan kepada kesia-siaan, bukan oleh kehendaknya sendiri, tetapi oleh kehendak Dia, yang telah menaklukkannya, tetapi dalam pengharapan, karena makhluk itu sendiri juga akan dimerdekakan dari perbudakan kebinasaan dan masuk ke dalam kemerdekaan kemuliaan anak-anak Allah.

2 Korintus 3:17

Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.

Galatia 5:1

Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.

 

BACA JUGA: Sambut Kemerdekaan Indonesia, Sejauh Mana Jiwa Patriotisme Orang Kristen?

 

Galatia 5:13–14

Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih. Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!”

Selamat hari kemerdekaan untuk Indonesia, negara kita! Ayo tuliskan harapanmu untuk Indonesia di kolom komentar ya!

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami