Rangkaian Upacara Hari Ulang Tahun RI ke-78 dan Berbagai Hiburan yang Diadakan di Istana
Sumber: Youtube Sekretariat Presiden RI

News / 16 August 2023

Kalangan Sendiri

Rangkaian Upacara Hari Ulang Tahun RI ke-78 dan Berbagai Hiburan yang Diadakan di Istana

Aprita L Ekanaru Official Writer
1307

Perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78 akan dihadirkan dengan megah dan meriah. Rangkaian acara yang dipersiapkan oleh Sekretariat Presiden bakal menjadi sorotan pada tanggal 17 Agustus mendatang. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, menyatakan bahwa perayaan tahun ini akan dihelat secara besar-besaran dengan berbagai acara hiburan yang menarik.

 

BACA JUGA: 7 Pahlawan yang Berkontribusi Bagi Kemerdekaan Indonesia

 

Upacara dimulai lebih pagi dari biasanya, pukul 08.10 WIB di Monumen Nasional (Monas), dimana akan terjadi penyerahan bendera yang akan dikibarkan kepada para anggota Paskibraka. Mereka akan melakukan kirab yang mengelilingi patung kuda hingga menuju Istana Merdeka. Tahun ini, kirab akan lebih panjang dari sebelumnya, dimulai dari Monas hingga mencapai Istana Merdeka.

Menariknya, pada upacara pagi tersebut, juga akan dihadirkan berbagai hiburan yang akan memberikan nuansa meriah. Detail mengenai penampilan hiburan tersebut masih dirahasiakan, namun Bey Machmudin mengungkapkan harapannya agar para undangan dan masyarakat yang hadir dapat merasakan kegembiraan dalam suasana perayaan tersebut.

Sementara itu, pada acara penurunan bendera di sore hari, juga akan diawali dengan acara hiburan yang akan semakin memeriahkan perayaan. Komando Garnisun Tetap I/Jakarta, Arkamelvi Karmani, menjelaskan bahwa akan ada kejutan menarik bagi para undangan pada saat acara berlangsung. Hal ini telah menciptakan antisipasi dan kegembiraan lebih dalam menghadapi perayaan nasional.

Tak hanya bagi mereka yang hadir di Istana Negara, masyarakat juga dapat menyaksikan langsung upacara melalui siaran televisi atau live streaming di Youtube Sekretariat Presiden. Rangkaian acara yang telah dijadwalkan terdiri dari berbagai penampilan kesenian dan momen bersejarah, antara lain:

 

Pagi

Pukul 07.30 WIB: Gita Bahana Nusantara

Pukul 08.14 WIB: Prosesi Penyerahan Duplikat Bendera Pusaka Monas - Istana

Pukul 09.14 WIB: Hiburan Kesenian

Pukul 09.32 WIB: Upacara Peringatan Ke-78 Detik-Detik Kemerdekaan RI

 

Sore

Pukul 15.30: Hiburan Kesenian

Pukul 16.40: Upacara Penurunan Bendera

 

Dalam acara gladi bersih yang dilakukan sebelum perayaan, 76 anggota Paskibraka dari 38 provinsi terlibat dalam rangkaian acara pengibaran bendera. Kirab diiringi oleh drum band dari Akademi TNI-Polri serta pasukan berkuda dari Detasemen Kuda Kavaleri AD dan raja-raja nusantara dari 38 provinsi. Pelajar dari berbagai sekolah turut serta dalam kirab ini, menampilkan semarak dan semangat kebangsaan.

 

BACA JUGA: Semangat Kemerdekaan: Logo dan Tema HUT RI ke-78 Menggambarkan Kemajuan dan Gotong Royong

 

Sebagai bagian dari perayaan nasional, upacara Hari Ulang Tahun RI ke-78 akan menjadi momen yang penuh kegembiraan, kebanggaan, dan semangat persatuan bagi seluruh rakyat Indonesia. Masyarakat di seluruh negeri diharapkan dapat merayakan peristiwa bersejarah ini dengan penuh semangat dan kebersamaan.

Sumber : CNBCIndonesia.com
Halaman :
1

Ikuti Kami