Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
261


Sudah jadi hal yang wajar buat kita untuk menyimpan makanan sisa semalam. Meski begitu tak semua jenis makanan ternyata aman disimpan di ruang terbuka. Contohnya pasta.

Sisa pasta yang tidak disimpan di kulkas pasti akan mudah basi. Dan kalau kondisinya begini, tentu saja tak lagi baik bagi kesehatan. Jalan satu-satunya tentu saja makanan harus dibuang.

Tapi siapa kira, seorang pemuda asal Belgia memilih untuk menghabiskan sisa pastanya yang sudah basi dan akibatnya, dia ditemukan dalam kondisi gak bernyawa di tempat tidurnya.

Kematian pemuda 20 tahun ini awalnya dilaporkan di tahun 2008 lalu dan dipublikasikan di Jurnal of Clinical Microbiology. Tapi baru-baru ini, seorang Youtuber yang memakai nama Dr. Bernard kembali memposting video tentang kasus kematian pemuda ini dan memasukkannya ke berita utama dan menjadi viral.

Baca Juga :

Pasta Tomat Bikin Kulit Mulus dan Indah

Selain Cegah DBD, Serai Juga Punya 7 Manfaat Kesehatan Ini Loh!

Seperti diceritakan ulang, Dr. Bernard kembali mengusut penyebab kematian pemuda tersebut. Di dalam videonya dia menjelaskan kalau sebelum meninggal, pemuda itu memanaskan sisa pasta yang ditaruh di meja dapur di dalam microwave. Dia lalu memakannya untuk makan malam. Setelah itu dia pergi keluar berolahraga. Hanya berselang setengah jam kemudian dia kembali ke rumah mengeluhkan sakit kepala, perut dan mual.

Beberapa kali dia juga muntah dan mengira kalau dirinya keracunan makanan. Jadi dia pergi beristirahat. Sayangnya, orangtuanya menemukan pemuda tersebut tak lagi bernyawa.

Setelah diperiksa, pemuda itu memang keracunan makanan. Tapi untuk kasusnya jauh lebih serius dari kasus keracunan makanan yang terjadi. Hasil autopsi menemukan bahwa di dalam tubuh pemuda itu ditemukan bakteri pembentuk spora yang disebut bacillus cereus.

Laboratorium Referensi Nasional Belgia untuk bidang KLB Foodborne kemudian memeriksa sampel pasta dan saus tomat yang dikonsumsi pemuda itu. Hasilnya cukup mengejutkan, ternyata dia mengalami keracunan akibat beragam bakteri jahat yang menyebabkan gagal hati dan membunuhnya.

Meski begitu, tim medis tetap menganjurkan supaya masyarakat jangan takut untuk mengkonsumsi pasta. Pasalnya pasta yang ditaruh di dalam kulkas akan jauh lebih aman dari bakteri dibanding dengan pasta yang ditaruh di luar ruangan. Selain itu, jangan konsumsi pasta jika sudah bertahan lebih dari 3-4 hari.

Jika tak ingin sakit, akan lebih baik kalau tidak menyisakan makanan di malam hari. Selalu pastikan untuk mengkonsumsi makanan segar setiap hari.

Sumber : Health.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

rina ashari 15 February 2019 - 04:48:52

makanan yang baik untuk ibu hamil usis di atas 40 .. more..

0 Answer

Ria Lukita 14 February 2019 - 20:53:48

Pelecehan

0 Answer

Margareth 12 February 2019 - 20:29:50

Sudah bertahun tahun saya tidak pernah berdoa, say.. more..

0 Answer


Abigail Eleanor 11 February 2019 - 18:23:08
Tolong doakan saya lg mencari kerja..usia saya 35t... more..

A 8 February 2019 - 17:48:57
Tes

Viona 7 February 2019 - 10:54:05
Saya mohon dukungan dalam doa untuk pasangan hidup... more..

Rio Hascaryo 7 February 2019 - 08:48:26
Thanks buat kemarin, saya dapat melalui hari denga... more..

Banner Mitra Week 3


7234

advertise with us